Sabtu, 07 November 2020

Kandungan Gizi Buah Alpukat Dan Faedah Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan – Buah Alpukat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Avocado yaitu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan juga perawatan kulit/kosmetik. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Persea Americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah namun dikala ini sudah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Asia Tenggara utamanya di Indonesia.


Buah Alpukat mengandung Mineral, Vitamin dan Serat yang tinggi terutama Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Potassium (Kalium) dan Tembaga yang sungguh bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah Alpukat juga memperlihatkan rasa kenyang sehingga memiliki kegunaan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Buah Alpukat disebut juga buah Avokad atau apokat.


Kandungan Gizi Buah Alpukat


Berikut ini ialah Kandungan Gizi atau Nutrisi pada buah Alpukat (Avocado) :
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori160 kal
Karbohidrat8,5g
Air73%
Protein2g
Gula0,7g
Serat6,7g
Lemak14,7g
Vitamin A7µg1%
Vitamin C10mg11%
Vitamin D0µg
Vitamin E2,07mg14%
Vitamin K21µg18%
Vitamin B1 (Thiamine)0,07mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,13mg10%
Vitamin B3 (Niacin)1,74mg11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)1,39mg28%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,26mg20%
Vitamin B9 (Folat)81µg20%
Vitamin B120µg
Cholin14,2mg3%
Kalsium12mg1%
Zat Besi0,55mg7%
Magnesium29mg7%
Fosfor52mg7%
Potassium (Kalium)485mg10%
Sodium7mg0%
Seng (Zinc)0,64mg6%
Tembaga (Copper)0,19mg21%
Manganese0,14mg6%
Selenium0,4µg1%

 


Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan


Vitamin, Serat, Mineral dan Senyawa tanaman seperti Karatenoid, Persenones A dan B,  D-Mannoheptulose yang terkandung dalam buah Alpukat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya :


1. Menjaga Kesehatan Jantung


Penyakit Jantung ialah salah satu penyakit yang menyebabkan tingginya angka akhir hayat di dunia. Beberapa penyebab penyakit jantung yaitu alasannya tingginya kadar kolesterol, tingginya trigriserida dan juga alasannya adalah tekanan darah yang tinggi. Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa konsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengembangkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) serta mampu menurunkan level trigriserida secara signifikan.


2. Menjaga Kesehatan Mata


Salah satu senyawa berkembang-flora yang terkandung dalam buah Alpukat adalah Karatenoid mampu menghemat risiko penyakit mata yang berhubungan dengan usia.


3. Memberikan faedah bagi Kehamilan


Nutrisi dan Gizi sangat penting bagi kesuburan, perkembangan janin, kelahiran dan juga komposisi dalam ASI (Air Susu Ibu). Buah Alpukat mengandung beberapa nutrisi penting bagi perempuan hamil dan menyusui mirip Folat, Serat, Lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fat) dan antioksidan larut dalam lemak.

Baca juga : 10 Makanan yang mengandung Asam Folat Tertinggi.


4. Pengendalian kadar gula darah dan mendukung penurunan Berat Badan


Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi buah Alpukat segar mampu menunjukkan faedah untuk mengorganisir berat tubuh dan menurunkan risiko terkenanya sindrom metabolik. Sindrom Metabolik yaitu sekelompok aspek yang mampu memajukan risiko penyakit arteri koroner, stroke dan diabetes tipe-2. Senyawa tumbuh-flora yang terdapat pada buah Alpukat mirip D-Mannoheptulose mampu menolong mengendalikan kadar gula dalam darah.


5. Melawan capek dan menambah energi


Buah Alpukat merupakan sumber vitamin C, vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (Pyridoxine) dan B9 (Folat) yang dapat mengembangkan energi dan melawan capek. Vitamin C yang dapat membantu peresapan zat besi dari kuliner lain juga mampu mendukung kenaikan energi.


6. Mencegah penyakit Kanker


Buah Alpukat ialah sumber antioksidan karatenoid mirip likopena, alpa-karotena, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaxantin yang mampu melindungai sel-sel badan insan dari pengrusakan radikal bebas sehingga menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker. Vitamin C dan Vitamin E juga ialah antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas.


7. Mengatasi Sembelit dan Membantu tata cara pencernaan


Buah Alpukat mengandung Serat yang tinggi sehingga mampu menolong tata cara pencernaan pada tubuh kita dan membantu menangani sembelit.


8. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit


Lemak tak Jenuh tunggal atau Monosaturated Fats yang terkandung dalam buah Alpukat bermanfaat untuk meningkatkan warna kulit dan tampilan. Lemak tak Jenuh tunggal ini merupakan nutrisi penting dalam mempertahankan tingkat kelembaban di lapisan epidermis kulit sehingga terlihat lembut dan sehat.


Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Alpukat per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Alpukat bagi kesehatan dimasak dari aneka macam sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon