Rabu, 04 November 2020

Kandungan Gizi Buah Kiwi Dan Faedah Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Kiwi dan Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan – Buah Kiwi adalah buah yang bernutrisi tinggi, Vitamin C yang terkandung dalam buah Kiwi hampir dua kali lebih tinggi dari buah jeruk. Selain Vitamin C, Buah yang aslinya berasal dari daratan China dengan sebutan Gosberi China (Chinese Gooseberry) ini juga mengandung banyak sekali antioksidan, serat, mineral dan vitamin-vitamin lainnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi Buah Kiwi mampu menurunkan risiko penyakit jantung, menanggulangi sembelit dan menolong memperlancar metode pencernaan.


Buah Kiwi yang mempunyai nama ilmiah Actinidia deliciosa ini berupa oval dengan warna kulit hijau kecoklatan, sedangkan daging buah kiwi berwarna hijau atau keemasan dengan biji kecil hitam yang mampu dimakan serempak dengan dagingnya. Buah Kiwi mulai ditanam dan diproduksi secara komersil pada tahun 1930an oleh Selandia Baru. Nama Kiwi tersebut berasal dari nama burung Kiwi yaitu burung  yang tidak bisa terbang dari Selandia Baru.


Kandungan Gizi Buah Kiwi


Berikut ini adalah kandungan Gizi buah kiwi pada setiap 100gramnya.
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori61 kal
Karbohidrat14,7g
Air83%
Protein1,1g
Gula9g
Serat3g
Lemak0,5g
Vitamin A4µg0%
Vitamin C92,7mg103%
Vitamin D0µg
Vitamin E1,46mg10%
Vitamin K40,3µg34%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,34mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,18mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,06mg5%
Vitamin B9 (Folat)25µg6%
Vitamin B120µg
Cholin7,8mg1%
Kalsium34mg3%
Zat Besi0,31mg4%
Magnesium17mg4%
Fosfor34mg5%
Potassium (Kalium)312mg7%
Sodium3mg0%
Seng (Zinc)0,14mg1%
Tembaga (Copper)0,13mg14%
Manganese0,1mg4%
Selenium0,2µg0%

 


Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan


Selain mengandung Vitamin dan Mineral yang tertera pada tabel diatas, Buah Kiwi juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan seperti Quercetin, Lutein dan Actinidin yang berguna bagi badan manusia. Berikut ini ialah beberapa faedah buah Kiwi bagi kesehatan kita.


1. Meningkatkan tata cara kekebalan tubuh


Buah Kiwi merupakan buah yang kaya akan Vitamin C. Setiap 100gram buah kiwi mengandung 92,7mg Vitamin C yang mampu menyanggupi angka keperluan gizi harian sampai 103%. Seperti yang kita pahami, Vitamin C ialah nutrisi penting bagi badan kita untuk memajukan sistem kekebalannya.

Baca juga : 10 Makanan yang mengandung Vitamin C Tertinggi.


2. Menjaga Kesehatan Mata


Degenerasi Makula adalah salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan. Buah Kiwi mengandung senyawa tanaman Lutein yang dapat membantu menangkal terjadi degenerasi makula tersebut. Sebuah penelitian membuktikan bahwa  menyantap tiga porsi buah kiwi sehari dapat menurunkan degenerasi makula sebesar 36%. Sebagai pengetahuan pemanis, Makula adalah tempat kecil yang berupa lingkaran dan terletak di bab belakang retina.


3. Mengendalikan Tekanan Darah dan menurunkan resiko serangan jantung


Buah Kiwi mengandung Potassium atau Kalium yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh kita menertibkan tekanan darah. Sebuah observasi yang dilakukan pada tahun 2014 pertanda bahwa zat bioaktif pada tiga buah kiwi mampu menurunkan tekanan darah dengan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan memakan buah apel setiap hari. Dalam jangka panjang, buah kita juga dapat menurunkan risiko terkenanya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi seperti stroke ataupun serangan jantung. Kandungan Quercetin yang terpadat pada buah kiwi juga ialah senyawa tumbuhan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.


4. Menurunkan Risiko Kanker


Salah satu penyebab Kanker yaitu radikal bebas dan kerusakan DNA. Sebuah Penelitian menandakan bahwa kombinasi antioksidan yang terdapat pada buah kiwi dapat membantu melindungi sel DNA dari pengrusakan oksidasi sehingga dapat menangkal atau menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker.


 5. Memperlancar tata cara pencernaan


Buah Kiwi merupakan sumber Serat yang bagus. Serat terbukti dapat mencegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan kita.


6. Mengobati Panyakit Asma


Vitamin C dan antioksidan tinggi yang terkandung oleh buah kiwi mampu membantu mengobati penyakit Asma. Suatu observasi menandakan bahwa mengkonsumsi buah-buahan tergolong buah kiwi secara terstruktur dapat memberikan manfaat yang baik bagi fungsi paru-paru. Buah-buahan segar termasuk buah kiwi mampu meminimalisir mengi (wheezing) pada anak-anak. Sebagai gosip, mengi atau wheezing yaitu suara bernada tinggi yang terjadi balasan ajaran udara yang melalui kanal napas yang sempit.


7. Menjaga kesehatan kulit


Buah Kiwi mengandung Vitamin E yang tinggi, Vitamin E merupakan antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi, sinar matahari, debu dan denegerasi.


 


Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Kiwi per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Kiwi bagi kesehatan dimasak dari aneka macam sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon