Senin, 09 November 2020

Kandungan Gizi Buah Nenas Dan Faedah Buah Nenas Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Nenas dan Manfaat Buah Nenas bagi Kesehatan – Nenas yakni  salah satu jenis buah-buahan Tropis yang terpopuler di dunia ini. Buah Nenas mengandung banyak gizi atau nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Nutrisi atau Gizi yang terkandung di dalam buah nenas diantaranya mirip Vitamin C, Manganese dan Asam Folat. Buah Nenas juga merupakan satu-satunya buah-buahan yang mengandung senyawa Bromelain.


Enzim Bromelain yang terkandung pada buah Nenas mampu menawarkan faedah kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Manfaat tersebut diantaranya mirip meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghalangi penyakit kanker, penyembuhan luka dan meningkatkan kesehatan pada usus.


Buah Nenas dapat dimakan secara eksklusif dengan membuang kulitnya dan diolah menjadi aneka macam kuliner kaleng  ataupun minuman jus. Nenas yang dalam bahasa inggirs disebut dengan Pineapple ini mempunyai nama ilmiah Ananas comosus.


Kandungan Gizi Buah Nenas per 100g


Berikut ini adalahkandungan gizi dalam buah Nenas pada setiap 100 gramnya (3,5oz).



























































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori50 kal
Karbohidrat13,1g
Air86%
Protein0,5g
Gula9,9g
Serat1,4g
Lemak0,1g
Vitamin A3µg0%
Vitamin C47,8mg53%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,02mg0%
Vitamin K0,7µg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0,08mg7%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,5mg3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,21mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,11mg9%
Vitamin B9 (Folat)18µg5%
Vitamin B120µg
Cholin5,5mg1%
Kalsium13mg1%
Zat Besi0,29mg4%
Magnesium12mg3%
Fosfor8mg1%
Potassium (Kalium)109mg2%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,12mg1%
Tembaga (Copper)0,11mg12%
Manganese0,93mg40%

 


Manfaat Buah Nenas bagi Kesehatan


Buah Tropis ini menunjukkan banyak faedah bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa faedah Buah Nenas tersebut diantaranya adalah selaku berikut :


1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Vitamin C merupakan Antioksidan larut dalam air yang dapat menjaga semua organ tubuh yang mengandung air dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ialah penyebab utama terjadinya penumpukan plak arteri atherosclerosis yang mampu menyebabkan penyakit jantung, merusak sel-sel usus dan kejang pada saluran pernapasan. Selain itu, Vitamin C yang dapat mengembangkan metode kekebalan badan ini  dapat menangkal timbulnya banyak sekali penyakit seperti pilek, batuk dan sakit tenggorokan.


 2. Mencegah Penyakit Asma


Risiko penyakit Asma akan berkurang pada orang yang memakan nutrisi atau gizi tertentu dalam jumlah besar. Salah satu Gizi yang dapat menangkal penyakit Asma yakni Beta Karoten. Beta Karoten yang terkandung dalam buah-buahan mirip Nenas mampu mencegah timbulnya penyakit Asma.


3. Meperlancar Sistem Pencernaan


Serat yang dikandung oleh buah Nenas sungguh berfaedah bagi kesehatan usus kita sehingga dapat membantu menghalangi sembelit dan menjaga keteraturan kanal pencernaan.


4. Meningkatkan Kesuburan (Fertilitas)


Diet yang kaya Antioksidan terbukti dapat mengembangkan kesuburan. Hal ini dikarenakan Radikal bebas mampu merusakan sistem reproduksi, masakan yang mengandung antioksidan mirip buah nenas lazimnya direkomendasikan bagi orang yang ingin mencoba hamil. Antioksidan dalam buah nanas mirip vitamin, beta-karoten, mineral tembaga, seng, dan folat dapat mengembangkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita.


5. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Konsumsi buah Nenas yang kaya akan vitamin C mampu membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi, menghemat keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga memliki peranan yang penting dalam pembentukan Kolagen adalah struktur organik pembangun kulit, tulang, gigi, sendi dan otot.


6. Meredakan Peradangan dan Penyembuhan cepat pada Luka


Enzim Bromelain yang terdapat pada buah nenas memiliki kesanggupan untuk menghemat pembengkakan, memar dan mempercepat waktu penyembuhan luka. Bromelain ketika ini dipakai untuk mengobati dan menghemat peradangan dari Tendinitis (peradangan yang terjadi pada struktur lentur yang menghubungkan otot dengan tulang atau tendon), keseleo, cedera otot ringan serta pembengkakan pada operasi telinga, hidung dan tenggorokan.


7. Menurunkan Resiko Kanker


Vitamin C yang terkandung pada buah Nenas ialah antioksidan yang sangat besar lengan berkuasa untuk menghalangi radikal bebas yang dikenali sebagai penyebab penyakit kanker. Makanan yang mengandung Beta Karoten juga memegang peranan penting dalam melindungi penyakit kanker prostat berdasarkan suatu observasi yang dilaksanakan oleh Harvard School of Public Health’s Department of Nutrition. Pada observasi-penelitian wacana enzim Bromelain juga mengambarkan faedah Bromelain yang mampu digunakan untuk meminimalisir beberapa efek samping dalam pengobatan kriteria kanker.


8. Menurunkan Tekanan Darah


Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung Potassium atau Kalium mampu menolong menurunkan tekanan darah. Nenas mengandung Potassium atau Kalium sebesar 109mg per 100gram-nya.


9. Menjaga kesehatan tulang


Kandungan Kalsium dalam buah Nenas mampu membantu mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah Osteoporosis.


10. Menjaga Kesehatan Jantung


Serat, Vitamin, Kalium (Potassium) yang terkandung dalam buah nenas mampu menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah observasi menawarkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 4.069 mg kalium (potassium) per hari akan menurunkan risiko terkenanya penyakit jantung sebesar 49% ketimbang mereka yang mengkonsumsi Kalium (Potassium) kurang dari 1.000 mg per hari. Kalium atau Potassium juga dapat menurunkan risiko Stroke dan menghalangi terjadinya pembentukan watu ginjal.


Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


 


Sumber referensi : Kandungan Gizi buah Nenas per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat buah Nenas bagi kesehatan dimasak dari berbagai sumber.


 



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon