Minggu, 08 November 2020

Kandungan Gizi Jeruk Lemon Dan Faedah Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jeruk Lemon dan Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan – Buah Jeruk Lemon atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Citrus limon adalah salah satu jenis buah-buahan yang paling terkenal di dunia. Rasa buah jeruk lemon sangat asam sehingga sungguh jarang ada yang memakan isi buah lemon secara utuh mirip mengkonsumsi buah jeruk atau buah apel. Namun banyak cara untuk mengkonsumsi buah yang asam dan banyak berfaedah ini yaitu dengan mencampur dengan air sehingga menjadi air lemon, mengirisnya menjadi irisan yang tipis kemudian memakannya atau selaku perasa asam dalam aneka macam kuliner dan kuliner.

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya.


Buah Jeruk Lemon mengandung banyak Vitamin, mineral dan Senyawa yang berguna bagi kesehatan insan. Beberapa senyawa flora yang terdapat di buah jeruk lemon diantaranya mirip Asam Sitrat, Hesperidin, Diosmin, Eriocitrin dan d-Limonene.


Kandungan Gizi Jeruk Lemon per 100g


Berikut ini adalahkandungan gizi dalam buah Jeruk Lemon pada setiap 100 gramnya (3,5oz).
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori29 kal
Karbohidrat9,3g
Air89%
Protein1,1g
Gula2,5g
Serat2,8g
Lemak0,3g
Vitamin A1µg0%
Vitamin C53mg59%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,15mg1%
Vitamin K0µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,04mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,1mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,19mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,08mg6%
Vitamin B9 (Folat)11µg3%
Vitamin B120µg
Cholin5,1mg1%
Kalsium26mg3%
Zat Besi0,6mg8%
Magnesium8mg2%
Fosfor16mg2%
Potassium (Kalium)138mg3%
Sodium2mg0%
Seng (Zinc)0,06mg1%
Tembaga (Copper)0,04mg4%
Manganese0,03mg1%
Selenium0,4µg1%

AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan pembatasan makanan 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).


Manfaat Jeruk Lemon bagi Kesehatan


Buah Jeruk Lemon merupakan salah satu sumber Vitamin C dan Serat serta beberapa senyawa penting yang lain yang sangat berfaedah bagi kesehatan tubuh insan. Berikut ini ialah beberapa manfaat jeruk lemon bagi kesehatan badan kita.


1. Memperlancar Sistem Pencernaan dan Mengatasi Sembelit


Jus atau sari lemon mampu menolong mempercepat penyembuhan gangguan pencernaan dan sembelit. Beberapa tetes sari lemon yang ditambahkan pada masakan (kecuali pada makanan yang mengandung produk susu) akan mampu menolong memperlancar metode pencernaan kita.


2. Mengatasi Deman, Flu dan jerawat Tenggorokan


Sari Lemon dapat dipakai sebagai minuman untuk menangani demam, flu dan infeksi tenggorokan. Sari Lemon tersebut akan menolong menurunkan demam dengan cara mengembangkan perspirasi (keringat). Vitamin C yang terkandung pada buah jeruk lemon ialah antioksidan yang dapat menghalangi radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung antibakteri yang mampu mengatasi problem-problem yang berhubungan dengan infeksi tenggorakan.


3. Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi serta menurunkan risiko gangguan Jantung dan Stroke


Lemon mengandung Potassium atau Kalium yang dapat membantu mereka yang terkena penyakit jantung. Potassium atau Kalium dapat mengatur Tekanan Darah Tinggi, pusing dan mual serta menunjukkan sensasi yang mampu menenangkan anggapan dan tubuh.


Kandungan senyawa pada jeruk lemon mirip Hesperidin dan Diosmin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperkuat pembuluh darah dan menghemat peradangan kronis pada pembuluh darah. Serat terisolasi yang terkandung dalam buah jeruk lemon mampu menurunkan kadar kolesterol LDL sedangkan minyak esensial Lemon dapat menangkal oksidasi kolesterol LDL.


Tingginya kandungan Vitamin C pada buah Jeruk Lemon juga mampu menurunkan risiko terkenanya Stroke utamanya bagi mereka yang berberat badan lebih (Overweight).


4. Mencegah pembentukan Batu Ginjal


Senyawa Asam Sitrat yang terkandung pada jeruk lemon dapat menolong berkembangvolume urin sehingga dapat menangkal terbentuknya batu ginjal.


5. Mencegah Anemia


Anemia atau dalam bahasa lazim sering disebut dengan “kurang darah” yakni sebuah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah berada dibawah wajar . Salah satu penyebab Anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh kita. Buah Jeruk Lemon mengandung zat besi serta Vitamin C dan Asam Sitrat yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi dari masakan lain sehingga dapat menolong mencegah Anemia.


6. Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan senyawa tanaman seperti Hesperidin dan d-limonene pada buah Jeruk Lemon dapat menghalangi beberapa jenis kanker, tergolong kanker payudara.


Sumber referensi :Kandungan Gizi Jeruk Lemon per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Jeruk Lemon bagi kesehatan dimasak dari aneka macam sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon