Senin, 31 Agustus 2020

Kandungan Gizi Kacang Hijau Dan Faedah Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan – Kacang Hijau yaitu jenis tumbuhan kacang-kacangan atau polong-polongan yang mempunyai banyak banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Kacang Hijau yang diyakini berasal dari India ini sudah banyak dibudidaya di aneka macam negara mirip di Tiongkok, Korea, negara-negara Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Nepal Srilanka) dan negara-negara  Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Myanmar, Malaysia dan Filipina) and Amerika Selatan.


Kacang Hijau yang dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Mung Bean atau Green Gram ini merupakan sumber makanan berprotein nabati tinggi yang dapat dijadikan banyak sekali menu mirip aneka kue, bubur kacang hijau dan toge. Nama ilmiah Kacang Hijau yakni Vigna radiata.

Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Kedelai dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


Kandungan Gizi Kacang Hijau


Berikut ini yakni kandungan nutrisi atau kandungan gizi Kacang Hijau pada setiap 100 gramnya.







































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori347kcal (1.452 kJ)
Karbohidrat62,62g
Air9.05g
Protein23,86g
Gula6,6g
Serat16,3g
Lemak1,15g
Vitamin A114IU4%
Vitamin C4,8mg6%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,51mg3%
Vitamin K9µg9%
Vitamin B1 (Thiamine)0,621mg54%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,233mg19%
Vitamin B3 (Niacin)2.251mg15%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)1,91mg38%
Vitamin B9 (Folat)625µg156%
Kalsium132mg13%
Zat Besi6,74mg52%
Magnesium189mg53%
Fosfor367mg52%
Potassium (Kalium)1.246mg27%
Sodium15mg1%
Selenium8.2µg15%
Seng (Zinc)2,68mg28%

 


Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan


Dari daftar nutrisi yang dikandung oleh kacang hijau dapat dibilang bahwa kacang hijau merupakan makanan yang tinggi protein dan serat namun rendah lemak dan kalori sehingga membuatnya sebagai makanan yang sungguh berguna bagi kesehatan kita. Berikut ini ialah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan kita.


1. Mencegah Penyakit Jantung


Suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Human and Experimental Toxicology menerangkan bahwa kacang hijau memiliki kesanggupan untuk meminimalisir kadar kolesterol jahat. Kacang Hijau juga dapat menolong untuk mengendalikan tingkat kolesterol dan berfungsi sebagai antioksidan yang menetralisir radikal bebas, memperbaiki kerusakan pembuluh darah dan menghemat peradangan. Perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya serangan jantung dan strok yaitu dikarenakan tingkat Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi.


2. Mengendalikan Tekanan Darah


Nutrisi atau Gizi yang ditemukan pada Kacang Hijau memiliki kesanggupan untuk melawan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dipublikasikan di Chemistry Central Journal menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau menurunkan tingkat tekanan darah sistolik pada tikus. Para peneliti melaporkan bahwa imbas anti-hipertensi kacang hijau ini mampu menurunkan risiko konstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Seperti yang kita pahami bahwa konstriksi atau penyempitan pembuluh darah ialah penyebab naiknya tekanan darah atau hipertensi.


3. Mencegah Penyakit Kanker


Kacang hijau memiliki jumlah polifenol dan oligosakarida tinggi yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi klinis juga memberikan bahwa kacang hijau memiliki sifat anti-tumor yang dapat menghalangi kerusakan DNA dan mutasi sel-sel berbahaya yang menjadikan terjadinya penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh College of Food Science dan Nutritional Engineering di China Agricultural University melaporkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau mempunyai kesanggupan untuk menangkal radikal bebas. Flavonoid mirip vitexin dan isovitexin yang dikandung oleh kacang hijau dapat mengurangi stres oksidatif yang menimbulkan terbentuknya sel kanker.


4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kacang Hijau mengandung Fitonutrien atau zat kimia alami yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan anti-mikrobia sehingga mampu menolong untuk mengembangkan tata cara kekebalan badan dan mencegah pilek, iritasi, virus, kuman berbahaya dan lain sebagainya. Kacang hijau juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi atau gizi sehingga mampu mengembangkan metode kekebalan badan kita secara keseluruhan.


5. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan


Kacang Hijau mudah dicerna dan juga membantu detoksifikasi tubuh. Kacang Hijau yang kaya akan serat juga mampu membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah gejala IBS (Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus) mirip sembelit dan perut kembung.


6. Membantu menurunkan Berat Badan


Protein dan Serat yang dikandung dalam Kacang Hijau sungguh tinggi. Beberapa penelitian membuktikan kacang yang tinggi serat ini dapat memajukan cholecystokinin yang merupakan hormon kenyang. Oleh alasannya itu memakan kacang hijau secara terstruktur mampu membantu meminimalkan asupan makanan, sehingga menurunkan berat tubuh dan membantu dalam memerangi obesitas.


7. Mengurangi Sindrom Pra-Haid (Pre-menstrual Syndrome/PMS)


Vitamin B6 dan Folat yang membantu mengontrol fluktuasi hormon yang menjadikan gejala PMS atau Sindrom Pra-Haid. Mengkonsumsi kacang hijau mampu membantu meminimalkan rasa sakit yang terkait dengan kram PMS, perubahan suasana hati, pusing, nyeri otot dan kecapekan.


8. Mencegah Diabetas Tipe-2


Beberapa bukti pertanda nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau memiliki imbas anti-diabetes yang membantu untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian yang dikerjakan oleh The Institute of Crop Sciences memberikan bahwa glukosa darah, glukagon, plasma C-peptida, tingkat trigliserida dan kolesterol total akan menurun ketika aksesori kacang hijau diberikan terhadap tikus. Pada dikala yang serupa, toleransi kepada glokosa juga meningkat dengan kenaikan respon badan terhadap insulin.


Sumber tumpuan : Data-data Kandungan Gizi Kacang Hijau dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan faedah Kacang Hijau ini dirangkum dari berbagai sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon