Selasa, 27 Oktober 2020

Kandungan Gizi Buah Zaitun Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Zaitun dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Buah Zaitun yakni buah yang berbentuk oval dengan rata-rata berat perbuah sekitar 3 gram sampai 5 gram. Buah yang berasal dari pohon Zaitun ini berwarna hijau dan berwarna ungu atau hitam pada saat telah matang. Namun ada juga beberapa macam buah Zaitun yang tetap berwarna hijau walaupun telah meraih kematangannya. Buah Zaitun yang dikenal dengan nama ilmiah Olea europaea ini pada mulanya berasal dari kawasan Mediterania ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara.


Buah Zaitun dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dimakan sehabis diawetkan, tetapi pada umumnya ialah mengolahnya menjadi Minyak yang umum kita kenal dengan Minyak Zaitun. Zaitun dalam bahasa Inggris disebut dengan Olive, jadi minyak yang dibuat dari buah Zaitun ini kebanyakan disebut dengan Olive Oil.

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


Kandungan Gizi Buah Zaitun (Olive)


Buah Zaitun merupakan buah yang mengandung Vitamin E, Kalsium, Zat Besi dan kadar antioksidan yang tinggi. Selain mengandung Vitamin E yang tinggi, Buah Zaitun yang masak juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang diharapkan oleh Tubuh Manusia. Berikut ini adalah beberapa Vitamin dan Mineral yang dikandung oleh Buah Zaitun pada setiap 100 gram-nya.












































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori115 kcal
Karbohidrat6,3g
Air80%
Protein0,8g
Gula0g
Serat3,2g
Lemak10,7g
Vitamin A20µg2%
Vitamin C0,9mg1%
Vitamin D0µg
Vitamin E1,65mg11%
Vitamin K1,4µg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0mg0%
Vitamin B2 (Riboflavin)0mg
Vitamin B3 (Niacin)0,04mg0%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,02mg0%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,01mg1%
Vitamin B9 (Folat)0µg
Vitamin B120µg
Kalsium88mg9%
Zat Besi3,3mg41%
Magnesium4mg1%
Fosfor3mg0%
Potassium (Kalium)8mg0%
Sodium735mg49%
Seng (Zinc)0,22mg2%

Manfaat Buah Zaitun / Minyak Zaitun bagi Kesehatan


Kandungan Gizi pada Buah Zaitun baik Vitamin ataupun Mineral memperlihatkan beberapa faedah bagi orang yang mengkonsumsinya. Diantaranya mirip mempertahankan kesehatan jantung, menangkal Osteoporosis, mencegah kanker.


1. Menjaga Kesehatan Jantung


Kadar Kolesterol yang tinggi dan Tekanan darah tinggi dikenal sebagai aspek utama penyebab penyakit jantung. Asam Oleat (Oleic Acid) yang merupakan Asam Lemak tak bosan utama pada buah ataupun minyak Zaitun. Asam Oleat ini dapat menolong menjaga kesehatan jantung dengan mengontrol kadar kolesteral dalam tubuh insan. Beberapa observasi juga pertanda bahwa buah Zaitun ataupun minyak Zaitun (Olive Oil) mampu membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh kita.


2. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Karakteristik Osteoporosis ialah menurunnya massa tulang dan kualitas tulang. Buah Zaitun ataupun minyak zaitun yang mengandung Kalsium tinggi ini dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah penyakit Osteoporosis atau penyakit tulang yang lain pada usia lanjut.


3. Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan Antioksidan dan Anti Peradangan yang terdapat pada Buah Zaitun atau Minyak Zaitun membuatnya sebagai kuliner alami yang dapat menghalangi penyakit Kanker. Hal ini dikarenakan Oksidasi Kronis dan Peradangan Kronis pada dasarnya ialah penyebab utama perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia. Buah Zaitan juga merupakan sumber Vitamin E yang andal, Vitamin E mampu mencegah radikal bebas ialah salah satu penyebab berkembangnya sel kanker dalam badan manusia.


4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut


Buah Zaitun mengandung antioksidan dan Asam lemak yang menyehatkan dan melindungi kulit dan rambut. Vitamin E yang terkandung dalam buah Zaitun terbukti mampu melindungi kulit dan rambut dari radiasi ultraviolet (radiasi UV) sehingga kulit dan rambut sehat serta menghindari kanker kulit dan penuaan dini.


5. Meredakan Peradangan


Senyawa-senyawa yang terkandung pada buah ataupun minyak zaitun tidak cuma sebagai antioksidan, namun juga berfungsi sebagai anti-peradangan atau anti-inflamasi. Buah dan Minyak Zaitun dapat meminimalkan rasa sakit dan iritasi pada sendi, otot dan luka. Buah dan Minyak Zaitun juga mampu menghemat rasa sakit yang dikarenakan oleh rematik dan asam urat.


6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan


Vitamin C dan Asam Lemak tak jenuh yang terkandung dalam buah atau minyak zaitun mampu menurunkan risiko terkenanya kanker usus. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu menetralisirkan radikal bebas dan menurunkan risiko terbentuknya kerikil empedu.


Sumber tumpuan : Kandungan Gizi Buah Zaitun per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Buah Zaitun (Olive) bagi kesehatan ini diolah dari berbagai sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon