Minggu, 01 November 2020

Kandungan Gizi Sayur Brokoli Dan Faedah Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan – Sayur Brokoli adalah jenis sayur-sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan (Brassicaceae). Sayur yang berwarna hijau ini berasal dari tempat Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak Yunani antik. Sayur Brokoli sering disebut selaku “Sayuran Super” karena mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi tinggi yang berfaedah bagi kesehatan badan manusia. 


Sayur Brokoli dapat disantap secara mentah ataupun dimasak, beberapa penelitian menandakan bahwa sayur brokoli akan menawarkan faedah kesehatan yang maksimum jika dikukus. Sayur Brokoli juga disering dimasak menjadi Jus bareng dengan beberapa buah ataupun sayuran lainnya seperti Wortel dan Apel.

Baca juga : Kandungan Gizi buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


Kandungan Gizi Sayur Brokoli (Broccoli)


Sayur Brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium (kalium) tinggi yang sangat berfaedah bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini ialah kandungan gizi atau nutrisi pada setiap 100 gram sayur brokoli.












































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori34 kcal
Karbohidrat6,6g
Air89%
Protein2,8g
Gula1,7g
Serat1,7g
Lemak0,4g
Vitamin A31µg3%
Vitamin C89,2mg99%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,78mg5%
Vitamin K101,6µg85%
Vitamin B1 (Thiamine)0,07mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,12mg9%
Vitamin B3 (Niacin)0,64mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,57mg11%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,18mg13%
Vitamin B9 (Folat)63µg16%
Vitamin B120µg
Kalsium47mg5%
Zat Besi0,73mg9%
Magnesium21mg5%
Fosfor66mg9%
Potassium (Kalium)316mg7%
Sodium33mg2%
Seng (Zinc)0,41mg4%

 


Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan


Selain Vitamin dan Mineral, Sayur Brokoli juga mengandung berbagai senyawa flora yang berfaedah bagi ksehatan badan kita, beberapa senyawa tanaman yang terkandung pada sayur brokoli ini diantaranya mirip Sulforaphane, Indole-3-Carbinol, Carotenoids, Kaempferol dan Quercetin. Berikut ini yakni beberapa faedah sayur brokoli bagi kesehatan badan kita.


1. Mencegah Penyakit Kanker


Sayur Brokoli mengandung Sulforaphane dan Indole-3-Carbinol adalah senyawa-senyawa tanaman atau fitokimia yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker. Senyawa-senyawa tersebut meningkatkan detoksifikasi dan bertindak selaku antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas. Seperti yang kita pahami bahwa radikal bebas merupakan penyebab penyakit kanker. Penelitian pertanda bahwa konsumsi sayur brokoli dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker prostat dan kanker serviks.


2. Menjaga Kesehatan Jantung


Sifat anti radang (anti-inflammatory) Sulforaphane yakni salah satu senyawa tumbuhan pada sayur brokoli mampu menangkal (bahkan memperbaiki) beberapa kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan balasan gula darah kronis. Selain mengandung sulforaphane, sayur brokoli juga mengandung serat, asam lemak dan vitamin yang menolong mengendalikan tekanan darah dalam tubuh dan juga membantu meminimalisir kolesterol jahat sehingga jantung juga menjadi lebih sehat. Konsumsi Brokoli dengan rutin dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan.


3. Menjaga Kesehatan Tulang


Sayur Brokoli mengandung Kalsium dan Vitamin K yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Brokoli juga mengandung nutrisi atau gizi lain mirip magnesium, seng dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak seperti tulang dan gigi.


4. Menjaga Kesehatan Mata


Zeaxanthin, beta-carotene, vitamin A, fospor dan Vitamin lainnya mirip Vitamin B kompleks, vitamin c, vitamin E yang ditemukan dalam brokoli ialah nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan mata. Zat-zat tersebut melindungi mata kita dari degenerasi Makular dan Katarak serta memperbaiki kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi.


5. Mengurangi Reaksi Alergi dan Peradangan


Beberapa observasi pertanda bahwa Kaempferol yang terkandung dalam Brokoli mampu mengurangi pengaruh zat-zat yang menimbulkan alergi terhadap badan kita. Sayur Brokoli bahkan mengandung asam lemak Omega-3 dalam jumlah yang banyak, Omega-3 dikenal sebagai nutrisi untuk anti peradangan. Mengkonsumsi sayur brokoli juga mampu menolong meringankan radang sendi sebab dalam brokoli terdapat senyawa Sulforaphane adalah zat kimia yang mampu membatasi enzim pengrusak sendi.


6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Sayur brokoli juga mampu menolong sistem pencernaan kita tetap dalam keadaan sehat. Brokoli yang kaya akan serat, magnesium dan vitamin mampu memperlancar metode pencernaan dan menolong menanggulangi sembelit.


7. Menjaga kesehatan kulit


Nutrisi atau gizi yang penting untuk mempertahankan kulit selalu sehat ialah antioksidan, vitamin C, beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, vitamin K, asam lemak Omega 3 dan folat. Semua nutrisi yang disebut diatas mampu ditemukan di sayur brokoli.


Sumber acuan : Kandungan Gizi Sayur Brokoli per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat sayur brokoli bagi kesehatan ini diolah dari banyak sekali sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon