Sabtu, 29 Februari 2020

Pengertian Kalimat Pasif Zero Dan Contoh Kalimatnya

Beberapa pola dari banyak sekali jenis-jenis kalimat sudah pernah ditampilkan di postingan-postingan sebelumnya. Adapun beberapa postingan tersebut antara lain teladan kalimat definisi, pola kalimat definisi ihwal hewan, acuan kalimat aktif transitif, dan pola kalimat aktif intransitif. Artikel kali ini juga akan memperlihatkan beberapa contoh kalimat, di mana jenis kalimat yang ditampilkan contohnya tersebut adalah kalimat pasif zero.  Kalimat pasif zero sendiri ialah salah satu diantara jenis-jenis kalimat pasif yang predikatnya berakhiran -kan. Adapun beberapa teladan dari kalimat pasif zero ini adalah sebagai berikut! 45 Contoh Kalimat Pasif Zero  Aku serahkan hasil pekerjaanku terhadap atasan. Telah saya relakan kepergiannya untuk selama-lamanya. Telah aku laporkan tindak kenakalannya ke guru BP. Akan saya sampaikan salammu padanya. Telah mereka padamkan api yang membakar rumah-rumah tersebut. Sedang aku lakukan peran-tugas sekolah dari guru-guru yang mengajar hari ini. Belum saya tuntaskan novel yang aku baca sejak sepekan kemudian itu. Telah ia suguhkan suatu sup ayam yang amat enak. Sedang pihak kampus sediakan fasilitas pendukung untuk laboratorium gres itu. Telah kami selesaikan urusan pelik yang kami alami kemarin. Sudah Ami bereskan skripsi yang tengah dibuatnya itu. Sudah Jenny ajukan judul skripsi yang akan dibuatnya ke pihak dosen pembimbing. Kami kabarkan info jelek itu kepada saudaranya yang ada di kampung. Telah saya ceritakan keadaan Reihan kini kepada kedua orang tuanya. Mari kita rayakan kesuksesan kita dalam meraih target yang kita tuju. Mari kita sisihkan sebagian rezeki kita ke pada fakir miskin dan bawah umur yatim! Ayo kita tumbuhkan minat baca kepada anak-anak kita sejak dini! Telah kuberangkatkan kedua orang tuaku ke tanah suci. Telah kunasihatkan soal hal itu kepadanya tadi siang. Sudah kita tanamkan ladang itu dengan tumbuhan palawija. Sudah aku antarkan beliau sampai ke rumahnya. Belum saya bayarkan utangku kepadanya. Mesti saya ingatkan dia soal keputusannya itu. Sedang saya siapkan materi untuk penyajian besok. Telah dia sarangkan lima gol sekaligus ke gawang musuh itu. Akan kami sumbangkan dana tersebut terhadap pihak yang memerlukan. Akan saya adukan perbuatannya itu ke pihak yang berwajib. Kalian kembalikan saja barang itu kepada yang punya! Akan aku tanyakan soal itu ke pihak panitia program tersebut. Mari kita amalkan ilmu-ilmu yang kita dapat selama ini! Jangan kamu salahkan dia terus soal masalah itu! Akan aku titipkan barangmu kepadanya. Sudah saya kirimkan barang pesananmu melalui layanan paket kilat. Jangan kamu remehkan orang itu sekalipun! Jangan kamu sepelekan duduk perkara tersebut! Jangan kalian ledakkan bom itu ke dalam lautan! Telah kami nobatkan dia sebagai peserta terbaik tahun ini. Telah kami amanahkan dia sejumlah tanggung jawab yang harus beliau emban. Kami mohonkan ampun atas kesalahan kami Ya Tuhan. Akan saya nantikan kehadirannya di taman kota ini. Akhirnya saya tamatkan kuliahku di tahun ini. Jangan engkau paksakan egomu terhadap orang lain! Kami unggulkan kalian untuk kontes kali ini. Kami kerahkan segenap tenaga kami untuk pagelaran seni ini. Akan aku sempatkan diri untuk berkunjung ke rumahmu. Demikianlah beberapa teladan kalimat pasif zero dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu memperbesar wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu perihal kalimat pasif maupun bahasa Indonesia.
Sumber https://e-the-l.blogspot.com


EmoticonEmoticon