Selasa, 01 September 2020

Profil Negara Uzbekistan

Profil Negara Uzbekistan – Uzbekistan adalah suatu negara antar benua (inter-continental) yang terletak di antara benua Eropa bagian Timur dan  benua Asia bagian Tengah. Namun Negara yang terkurung daratan ini pada umumnya dimasukan sebagai Negara Asia ialah benua Asia bagian Tengah (Asia Tengah). Uzbekistan yang secara astronomis berada diantara 37°- 46 °LU dan 56° – 74° BT ini berbatasan dengan Afganistan dan Turkmenistan di sebelah selatannya, serta memiliki batas dengan Kirgizstan dan Tajikistan di sebelah timurnya. Sedangkan di sebelah barat dan utara, Uzbekistan berbatasan dengan Negara Kazakhstan.


Dalam sejarahnya, Uzbekistan pernah menjadi bab dari Federasi Uni Soviet dengan memakai nama Republik Sosialis Soviet Uzbekistan pada 27 Oktober 1924. Selama Perang Dunia Ke-2 (1941-1945), sebanyak 1,4 juta lebih orang Uzbekistan bertempur sebagai serdadu merah dalam melawan Nazi. Sekitar 263 ribu tentara Uzbek tewas dan 32 ribu orang hilang dalam medan perang Front Timur tersebut.


Pada 1 September 1991, Uzbekistan mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari pemerintahan Uni Soviet. Beberapa bulan lalu ialah pada 26 Desember 1991, Negara Uni Soviet dengan resmi dinyatakan bubar. Tanggal 1 September 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Uzbekistan dari pemerintahan Uni Soviet.

Baca juga : Negara-negara Pecahan Uni Soviet.


Setelah merdeka, Uzbekistan menggantikan nama negaranya menjadi Republik Uzbekistan ialah Negara dengan tata cara pemerintahan Republik Presidensil. Presiden Uzbekistan yang mempunyai otoritas tertinggi diseleksi secara eksklusif dalam pemilihan Presiden untuk abad jabatan 5 tahun. Dalam system pemerintahan Uzbekistan, terdapat Perdana Menteri yang menjabat sebagai kepala pemerintahan. Namun Perdana Menteri Uzbekistan ini diseleksi oleh Presiden termasuk menteri-menterinya. Presiden juga memiliki wewenang penuh dalam menunjuk kepala tempat mirip menentukan dan menggantikan gubernur provinsinya.


Republik Uzbekistan mempunyai luas wilayah sebesar 447.400 km2 dengan jumlah masyarakatsebanyak 29.748.859 jiwa. Mayoritas masyarakatUzbekistan yaitu etnis Uzbek (80%) yang beragama Islam. Pada tahun 2017, Pertumbuhan orangnya adalah sekitar 0,93%. Bahasa resmi Uzbekistan ialah bahasa Uzbek.


Di bidang Perekonomian, Uzbekistan mengadopsi tata cara perekonomian gaya soviet dengan subsidi dan pengendalian ketat kepada buatan, harga dan susukan mata uang asing sejak kemerdekaanya pada September 1991. Meskipun telah melaksanakan berbagai upaya diversifikasi tanaman di sektor pertanian, sebagian besar pertanian Uzbekistan masih tetap berpusat pada komoditas Kapas. Uzbekistan ialah negara penghasil kapas terbesar ke-7 di dunia dan juga merupakan negara pengekspor kapas paling besar ke-5 di dunia ini. Dorongan utama perekonomian Uzbekistan yakni investasi yang dipimpin oleh negara, kapas, emas dan ekspor gas alam. Sektor-sektor tersebut memberikan bagian yang sungguh signifikan kepada pendapatan devisa negara Uzbekistan.


Pada bulan September 2017, pemerintah Uzbekistan melaksanakan devaluasi nilai mata uang resmi hingga nyaris 50% dan memberitahukan pelonggaran pembatasan nilai mata duit dengan tujuan untuk menetralisir pasar gelap mata duit, meningkatkan saluran mata uang dan untuk meningkatkan investasi. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Uzbekistan ialah sebesar US$222,6 miliar dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$6.900,-.


Di relasi mancanegara, selain selaku negara anggota PBB dan juga forum-lembaga internasional yang berada dibawah PBB, Uzbekistan juga ialah negara anggota CICA (Conference on Interaction and Confidence-Building Measures in Asia), ADB (Asian Development Bank), EAPC (Euro-Atlantic Partnership Council), EBRD (European Bank for Reconstruction and Development), ECO (Economic Cooperation Organization) dan OSCE (Organization for Security and Co-operation in Europe).



Profil Negara Uzbekistan


Berikut ini yakni Profil Negara Uzbekistan.



  • Nama Lengkap : Republik Uzbekistan (Republic of Uzbekistan)

  • Nama Lokal : O’zbekiston Respublikasi

  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil

  • Kepala Negara : Presiden Shavkat MIRZIYOYEV (sebagai Presiden Interim semenjak 8 September 2016; secara resmi dipilih selaku Presiden semenjak  4 December 2016 untuk mengambil alih mantan Presiden Islom KARIMOV yang meninggal pada 2 September 2016)

  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Abdulla ARIPOV (semenjak 14 December 2016); Wakil Perdana Menteri I Achilbay RAMATOV (semenjak 15 December 2016))

  • Ibukota : Tashkent (Toshkent)

  • Luas Wilayah : 447.400 km2

  • Jumlah Penduduk : 29.748.859 jiwa (estimasi Juli 2017)

  • Pertumbuhan Penduduk : 0,93% (2017)

  • Suku Bangsa : Uzbek 80%, Rusia 5.5%, Tajik 5%, Kazakh 3%, Karakalpak 2.5%, Tatar 1.5%, etnis lainnya 2.5% (perhitungan 1996)

  • Agama : Islam 88%, Ortodok Timur 9%, agama lainnya 3%

  • Bahasa Resmi : Bahasa Uzbek

  • Mata Uang : Soum Uzbekistan (UZS)

  • Hari Kemerdekaan : 1 September 1991 (dari Uni Soviet)

  • Hari Nasional : 1 September 1991 (Hari Kemerdekaan)

  • Lagu Kebangsaan : “O’zbekiston Respublikasining Davlat Madhiyasi” (National Anthem of the Republic of Uzbekistan)

  • Kode Domain Internet : .uz

  • Kode Telepon : 998

  • Pendapatan Domestik Bruto : US$222,6 miliar (2017)

  • Pendapatan Per Kapita : US$6.900,- (2017)

  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tengah)


Lambang Negara dan Bendera Negara Uzbekistan


Lambang Uzbekistan dan Bendera Uzbekistan


Pembagian Wilayah Administrasi Uzbekistan


Secara Administratif, Republik Uzbekistan dibagi atas 12 Provinsi, 1 Republik Otonomi dan 1 Kota Independen. Berikut ini yakni daftar 12 Provinsi, 1 Republik Otonomi dan 1 Kota di Uzbekistan.


14 Provinsi di Uzbekistan







































































No.


Provinsi

Ibukota


1AndijanAndijan
2BukharaBukhara
3FerganaFergana
4JizzakhJizzakh
5KashkadaryaKarshi
6KhorezmUrgench
7NamanganNamangan
8NavoiyNavoiy
9SamarkandSamarkand
10SurkhandaryaTermez
11SyrdaryaGulistan
12TashkentTashkent

 


1 Republik Otonomi di Uzbekistan
















No.


Republik Otonomi

Ibukota


1Republik KarakalpakstanNukus

 


1 Kota Independen di Uzbekistan















No.Kota

Ibukota


1Kota TashkentTashkent

 


Sumber referensi : Data-data Profil Negara Uzbekistan ini dikutip dari World Factbook.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon