Jumat, 30 Oktober 2020

Kandungan Gizi Jagung Dan Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Jagung dan Manfaat Jagung bagi Kesehatan – Jagung yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Corn ini ialah salah satu jenis makanan pokok manusia di dunia ini. Kandungan Karbohidratnya yang tinggi menimbulkan Jagung dijadikan sebagai makanan pokok bagi penduduk-penduduk di Amerika Tengah dan Selatan. Selain selaku makanan pokok insan, Jagung juga dijadikan selaku bahan pakan ternak yang penting, sebagai minyak makan, tepung maizena bahkan pada industri-industri kimia dan kosmetika serta farmasi.

Baca juga : Kandungan Gizi Wortel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.



Jagung ialah flora pangan yang masih sekeluarga dengan rerumputan ini pada mulanya berasal Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan diberbagai negara selaku komoditas yang penting bagi kehidupan insan. Jagung dapat disantap dengan banyak cara seperti dengan cara merebus, memanggang (bakar) ataupun dimasak menjadi tepung jagung, sirup jagung dan sereal jagung.


Kandungan Gizi Jagung


Biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi sehingga sungguh berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada biji Jagung pada setiap 100 gramnya.












































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori96 kcal
Karbohidrat21g
Air73%
Protein3,4g
Gula4,5g
Serat2,4g
Lemak1,5g
Vitamin A13µg1%
Vitamin C5,5mg6%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,09mg1%
Vitamin K0,4µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,09mg8%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,06mg4%
Vitamin B3 (Niacin)1,68mg11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,79mg16%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,14mg11%
Vitamin B9 (Folat)23µg6%
Vitamin B120µg
Kalsium3mg0%
Zat Besi0,45mg6%
Magnesium26mg7%
Fosfor77mg11%
Potassium (Kalium)218mg5%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,62mg6%

 


Manfaat Jagung bagi Kesehatan


Selain mengandung aneka macam Vitamin dan Mineral, Jagung juga mengandung beberapa senyawa tumbuhan mirip Ferulic acid, Anthocyanins, Zeaxanthin, Lutein dan Phytic acid yang berguna bagi kesehatan badan insan. Berikut ini ialah beberapa manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita.


1. Mencegah Penyakit Alzheimer


Penyakit Alzheimer adalah keadaan kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara. Jagung mengandung Vitamin B1 atau Thiamine yang dapat memegang peranan penting biar otak dapat bekerja dengan normal sehingga meminimalisir risiko penyakit Alzheimer.


2. Meningkatkan Kesehatan Mata


Kernel atau tekstur biji jagung yang berwarna kuning mengandung zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yakni penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten menolong dalam memproduksi Vitamin A sehingga mendukung pandangan menjadi lebih baik.


3. Mencegah Anemia


Anemia adalah berkurangnya sel darah merah atau kekurangan hemoglobin dalam darah. Jagung mengandung Zat Besi (Iron) yang merupakan mineral penting dalam pembentukan sel darah merah.  Kekurangan Zat Besi juga akan menjadikan Anemia.


4. Memperlancar Sistem Pencernaan


Jagung ialah masakan yang mengandung serat yang tinggi baik serat yang larut dalam lemak maupun serat yang tidak larut dalam lemak. Serat yang larut dalam lemak mampu membantu dalam memblokir perembesan kolesterol sedangkan serat yang tidak larut dalam lemak dapat menangkal sembelit dan dilema usus yang lain dengan melunakkan tinja sehingga dapat dengan gampang bergerak dalam usus. Dengan demikian, kandungan serat yang tidak larut dalam lemak (insoluble fiber) dapat menangkal permasalahan di sistem pencernaan badan kita mirip sembelit, wasir dan kanker usus besar. Meskipun Jagung mengandung kedua jenis serat, namun kandungan serat tidak larut dalam lemak lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan serat yang larut dalam lemak.


5. Menurunkan kadar Kolesterol


Kolesterol ialah senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh Hati (liver) dan intinya berisikan dua jenis, yakni kolesterol HDL yang sering disebut dengan kolesterol baik dan kolesterol LDL yang sering disebut dengan kolesterol jahat. Kolesterol LDL (jahat) meningkat alasannya asupan kuliner lemak yang menjadikan lemahnya fungsi hati  dan menyebabkan penyakit Kardiovaskular. Jagung yang kaya dengan Vitamin C, Karotenoid, Bioflavonoid mampu menjaga kesehatan jantung kita dengan menertibkan kadar kolesterol dan memperlancar aliran darah dalam badan kita. Minyak Jagung mengandung Antiatherogenic yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah radikal bebas.


6. Mencegah Penyakit Kanker


Beberapa observasi menunjukan bahwa antioksidan yang terdapat pada jagung mampu menangkal penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, biji-bijian ini merupakan sumber senyawa tumbuhan seperti senyawa fenolik dan asam ferulik yang dapat mencegah tumor di payudara dan hati.


7. Merawat Kesehatan Kulit


Kuning Jagung merupakan sumber beto-karoten yang membentuk Vitamin A adalah Vitamin yang sungguh berguna bagi kesehatan kulit. Vitamin C dan Likopen merupakan antioksidan yang mampu menangkal kerusakan kulit yang dikarenakan oleh radiasi UV. Kuning Jagung juga dapat memajukan buatan Kalogen yang dapat menolong pemeliharan kulit menjadi halus.


Sumber rujukan : Kandungan Gizi Jagung per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Jagung bagi kesehatan ini dimasak dari banyak sekali sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon