Selasa, 10 November 2020

Kandungan Gizi Buah Apel Dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan – Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sungguh terkenal di dunia. Buah pada mulanya berasal dari Asia Tengah sekarang telah banyak dibudidayakan oleh banyak sekali negara dan telah menjadi salah satu masakan sehat bagi hampir semua penduduk di dunia. Buah Apel yang umumnya dikonsumsi pribadi ataupun dijadikan Jus minuman ini mengandung Serat makanan (fiber), Vitamin C dan aneka macam jenis Antioksidan yang tinggi.

Baca juga : Jenis-jenis vitamin dan fungsinya.



Kandungan Gizi Buah Apel per 100g


Berikut ini yakni kandungan gizi dalam buah Apel pada setiap 100 gramnya (3,5oz).












































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori52 kkal
Karbohidrat13,8g
Air86%
Protein0,3g
Gula10,4g
Serat2,4g
Lemak0,2g
Vitamin A3µg0%
Vitamin C4,6mg5%
Vitamin D
Vitamin E0,18mg1%
Vitamin B1 (Thiamine)0,02mg1%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,09mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,06mg1%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,04mg3%
Vitamin B9 (Folat)3µg1%
Vitamin B120µg
Cholin3,4mg1%
Kalsium6mg1%
Zat Besi0,12mg2%
Magnesium5mg1%
Fosfor11mg2%
Potassium107mg2%
Sodium1mg0%
Seng0,04mg0%

AKG% = Angka Kecukupan Gizi harian berdasarkan pembatasan makanan 2000 kalori. AKG dalam bahasa Inggris disebut dengan Daily Value (DV).


 


Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan


Buah yang berasal dari Pohon Apel (nama ilmiah disebut dengan Malus domestica) ini mempunyai banyak manfaat bagi kita yang mengkonsumsinya. Manfaat-manfaat buah apel diantaranya adalah selaku berikut :


1. Mencegah Risiko Alzheimer


Sebuah observasi baru yang dijalankan pada tikus mengambarkan bahwa minum jus buah apel mampu melawan imbas penuaan pada otak dan menghalangi penyakit Alzheimer. Tikus yang diberikan diet apel tersebut mengambarkan adanya kenaikan level neurotransmitter asetilkolin dan mampu melakukan tes labirin (maze) lebih baik ketimbang tikus yang diberikan pembatasan makanan regular. Sebagai catatan, Alzheimer adalah kelainan yang ditandakan dengan adanya penurunan daya ingat dan juga penurunan kemampuan berbicara dan berpikir.


2. Menurunkan kadar Kolesterol


Serat larut yang terdapat pada apel akan mengikat lemak di usus sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.


3. Mengendalikan Berat Badan


Berat Badan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab timbulnya aneka macam dilema kesehatan mirip penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan kesusahan tidur. Untuk menurunkan berat tubuh dan memajukan kesehatan secara keseluruhan, biasanya dokter akan menyarankan diet yang kaya serat. Apel merupakan salah satu masakan yang kaya serat dengan jumlah kalori yang relatif rendah.


4. Meningkatkan Sistem kekebalan badan


Apel merah mengandung antioksidan yang disebut dengan Quercetin. Penelitian terbaru mendapatkan bahwa Quercetin mampu membantu memajukan dan memperkuat tata cara kekebalan tubuh, terutama saat kita mengalami Stress.


5. Mencegah Katarak


Katarak merupakan penyakit yang mengaburkan penglihatan dan sangat biasa terjadi. Sebuah observasi jangka panjang menemukan bahwa orang yang menkonsumsi masakan yang kaya antioksidan mirip buah apel akan menurunkan risiko terkena penyakit katarak sekitar 10% sampai 15%.


6. Menurunkan risiko terkenanya penyakit Kanker


Para peneliti yang berasal dari Universitas Cornell mengidentifikasikan beberapa senyawa yang terdapat pada kulit apel (senyawa triterpenoids) dapat menghalangi perkembangan sel kanker terutama sel kanker hati, usus besar dan payudara.


7. Menurunkan risiko Diabetes


Apel yang ialah buah yang kaya serat larut dapat mengontrol gula darah dengan melepaskannya zat gula lebih lambat ke dalam pedoman darah. Dengan demikian, lonjakan gula darah yang dikuatirkan oleh penderita Diabetes akan terhindari. Serat larut juga mempunyai zat anti-inflamasi yang mampu membantu penderita diabetes pulih lebih singkat dari bisul.


8. Jantung yang lebih Sehat


Senyawa Fenolik yang terdapat pada kulit buah apel mampu menangkal kenaikan kadar kolesterol dengan memperkuat dinding pembuluh arteri atau pembuluh nadi dan menangkal pembentukan plak (plaque) di dalam arteri. Pembentukan plak dalam arteri inilah yang dapat meminimalkan aliran darah ke jantung sehingga menjadikan penyakit jantung koroner.


9. Mencegah Batu Empedu (Gallstones)


Batu Empedu terbentuk saat terlalu banyak kolesterol dalam empedu kita. Apel yang kaya dengan serat mampu menolong kita dalam mengatur kolesterol dan berat badat yang ialah penyebab utama terbentuknya kerikil empedu.


10. Membantu sistem pencernaan


Apel mengandung serat yang dapat menolong melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit mirip sembelit dan diare dapat dicegah. Apel juga mengandung Pektin yang dapat membantu meningkatkan jumlah basil baik dalam usus sehingga dapat membantu usus untuk bekerja lebih maksimal.


Sumber acuan : Kandungan Gizi buah Apel per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat buah Apel bagi kesehatan dimasak dari aneka macam sumber.


 



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon