Jumat, 06 November 2020

Kandungan Gizi Buah Semangka Dan Faedah Buah Semangka Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Semangka dan Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan – Buah Semangka adalah salah satu jenis buah yang berskala besar dengan nama ilmiah Citrullus lanatus. Dalam bahasa Inggris, buah Semangka disebut dengan Watermelon. Buah yang pada mulanya berasal dari benua Afrika bab Selatan ini ialah keluarga suku timun-timunan (Cucurbitaceae) mirip buah labu, buah melon dan ketimun. Buah Semangka kebanyakan dapat dikonsumsi segar atau diproses menjadi jus semangka.


Buah Semangka yang mengandung gizi dan kadar air yang tinggi namun rendah kalori ini ialah kuliner ataupun minuman yang sangat menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan insan. Beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan insan diantaranya yakni mengendalikan tekanan darah, menangkal kehilangan cairan tubuh, menanggulangi peradangan dan meminimalisir nyeri pada otot.


Kandungan Gizi Buah Semangka (Watermelon)


Buah Semangka mengandung berbagai macam Vitamin, Mineral dan Senyawa flora yang sungguh berfaedah bagi kesehatan manusia. Berikut ini yakni kadar Vitamin dan Mineral yang yang terkandung dalam setiap 100gram Buah Semangka.
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori30 kal
Karbohidrat7,6g
Air91%
Protein0,6g
Gula6,2g
Serat0,4g
Lemak0,2g
Vitamin A28µg3%
Vitamin C8,1mg9%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,05mg0%
Vitamin K0,1µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,18mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,22mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,05mg3%
Vitamin B9 (Folat)3µg1%
Vitamin B120µg
Cholin4,1mg1%
Kalsium7mg1%
Zat Besi0,24mg3%
Magnesium10mg3%
Fosfor11mg2%
Potassium (Kalium)112mg2%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,1mg0%
Tembaga (Copper)0,04mg5%
Manganese0,04mg2%
Selenium0,4µg1%

 


Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan Manusia


Meskipun tidak memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi kalau daripada buah-buahan jenis yang lain, Semangka yang memiliki kadar air tinggi ini mengandung beberapa senyawa tanaman yang sungguh bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa senyawa tumbuhan yang terkandung di dalam Semangka mirip Citrulline dan Lycopene. Berikut ini yaitu beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita.


1. Mencegah Dehidrasi


Dehidrasi yakni sebuah keadaan dimana badan kita kelemahan air mineral. Gejala kehilangan cairan tubuh adalah haus, sakit kepala, jarang buang air, ekspresi kering dan cepat capek. Semangka yang mengandung kadar air tinggi (91% dari semangka ialah air) dengan berbagai jenis mineral ini dapat membantu kita menangani dehidrasi.


2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kronis dan kematian. Semangka mengandung Senyawa flora yaitu Citrulline yang diperlukan oleh badan kita untuk memproduksi Nitrogren Monoksida (Nitric Oxide). Nitrogen Monoksida ialah molekul-molekul gas yang mampu membantu otot-otot kecil di sekeliling pembuluh darah menjadi kendur dan melebar sehingga mampu menurunkan tekanan darah.


Beberapa observasi mengambarkan bahwa konsumsi semangka mampu menurunkan tekanan darah dan kekakuan Arteri pada pasien yang mempunyai tekanan darah tinggi.


3. Mencegah Penyakit Kanker


Buah Semangka mengandung senyawa flora yang mampu menghalangi penyakit kanker adalah senyawa Lycopene (Likopen). Lycopene atau Likopen yakni pigmen karatenoid yang merupakan antioksidan yang dapat menghalangi radikal bebas. Seperti diketahui, Radikal bebas yakni penyebab terjadinya penyakit kanker.


4. Menjaga kesehatan jantung


Likopen atau Lycopene yang terkandung dalam buah semangka dapat berfungsi untuk menolong memelihara kesehatan jantung. Senyawa asam animo Citrulline dalam buah semangka juga dapat menolong menurunkan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.


5. Mengatasi Peradangan (Inflammation)


Peradangan atau inflammation yaitu salah satu faktor pendorong yang menyebabkan penyakit kronis. Buah Semangka yang kaya akan senyawa Likopen dan vitamin C mampu berfungsi selaku anti-peradangan yang baik sehingga dapat menolong menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.


6. Membantu sistem pencernaan


Buah Semangka mengandung kadar air tinggi dan Serat yang berperan penting dalam tata cara pencernaan dalam badan kita. Serat dapat mengembangkan massa feses sementara air dapat menolong mempertahankan saluran pencernaan kita bergerak secara efisien. Memakan makanan yang kadar air yang tinggi dan berserat dapat membantu usus bergerak secara normal sehingga metode pencernaan pada badan kita dapat melakukan pekerjaan dengan baik.


7. Memelihara kesehatan kulit


Buah Semangka mengandung dua Vitamin penting bagi kesehatan kulit dan rambut yakni vitamin A dan vitamin C. Vitamin C menolong tubuh kita memproduksi Kolagen yaitu protein yang dapat menciptakan kulit menjadi kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. Sedangkan Vitamin A melakukan pekerjaan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kita akan tampakkering dan bersisik. Disamping Vitamin A dan Vitamin C, senyawa Likopen dan Beta-Karoten yang terkandung dalam buah semangka juga membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.


 8. Membantu mengendorkan Nyeri Otot


Senyawa asam isu terkini Citrulline yang terkandung dalam buah semangka dapat merenggangkan nyeri otot. Sebuah observasi dilakukan pada Atlet pertanda bahwa jus semangka yang ditambahkan dengan Citrulline mampu menghemat nyeri otot serta pemulihan denyut jantung yang lebih singkat. Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa Citrulline dapat meningkatkan kinerja pada saat olahraga.


Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


Sumber rujukan : Kandungan Gizi Buah Semangka per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Semangka bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon