Rabu, 04 November 2020

Kandungan Gizi Tomat Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Tomat dan Manfaat Tomat bagi Kesehatan – Tomat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Tomato yaitu tumbuhan berry yang termasuk dalam keluarga Solanaceae atau suku terung-terungan mirip Terung, Cabai dan Ranti. Tomat yang pada awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini mampu dikonsumsi segar ataupun diolah menjadi menu yang bernutrisi tinggi. Meskipun secara teknisnya berbentuk buah, tomat pada umumnya digolongkan sebagai sayur-sayuran. Tomat yang masak umumnya berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning, hijau dan jingga.


Buah Tomat ialah sumber makanan yang mengandung nutrisi tinggi, beberapa nutrisi yang didapat dari tomat ialah antioksidan Likopen, Vitamin C, Potasium/Kalium, Folat dan Vitamin K. Antioksidan yang terkandung oleh Tomat sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Alpukat bagi Kesehatan.


Kandungan Gizi Tomat


Buah Tomat mengandung berbagai Vitamin, Mineral dan senyawa tanaman. Senyawa Tumbuhan yang sungguh berfaedah bagi kesehatan yang terkandung dalam buah tomat yakni mirip Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik. Berikut ini yaitu kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat.
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori18 kal
Karbohidrat3,9g
Air95%
Protein0,9g
Gula2,6g
Serat1,2g
Lemak0,2g
Vitamin A42µg5%
Vitamin C13,7mg15%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,54mg4%
Vitamin K7,9µg7%
Vitamin B1 (Thiamine)0,04mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg1%
Vitamin B3 (Niacin)0,59mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,09mg2%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,08mg6%
Vitamin B9 (Folat)15µg4%
Vitamin B120µg
Cholin6.7mg1%
Kalsium10mg1%
Zat Besi0,27mg3%
Magnesium11mg3%
Fosfor24mg3%
Potassium (Kalium)237mg5%
Sodium5mg0%
Seng (Zinc)0,17mg2%
Tembaga (Copper)0,06mg7%
Manganese0,11mg5%
Selenium0µg0%

Manfaat Tomat bagi kesehatan


Mengkonsumsi Tomat atau kuliner yang yang dibuat dari Tomat mampu menawarkan manfaat bagi kesehatan badan kita. Berikut ini ialah beberapa faedah tomat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.


1. Menjaga kesehatan Mata


Tomat mengandung Vitamin A yang sangat berfaedah bagi kesehatan mata. Vitamin A yaitu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun senja serta degenerasi makula.


2. Memperlancar Sistem Pencernaan


Tomat mampu mempertahankan tata cara pencernaan tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Serat yang terkandung pada tomat dapat membantu merangsang gerakan peristaltik dalam otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Sebagai informasi, yang dimaksud dengan gerakan Peristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot pada terusan pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga mengakibatkan efek menyedot atau menelan makanan yang masuk kedalam susukan pencernaan.


3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung


Likopen yang terkandung dalam tomat mampu menangkal oksidasi serum lipid sehingga menawarkan efek sumbangan kepada penyakit kardiovaskular. Konsumsi buah Tomat secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan Trigliserida dalam darah. Seperti yang kita ketahui, Lipid atau Lemak ialah penyebab utama penyakit kardiovaskular. Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Tomat juga mengandung Potassium atau Kalium yang sungguh bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama penyakit jantung dan Stroke.


4. Mencegah Kanker


Sejumlah observasi yang dilaksanakan menandakan bahwa kadar Likopen yang tinggi pada Tomat dapat meminimalisir risiko terkenanya kanker Prostat, kanker Kolorektal dan kanker perut. Likopen yakni antioksidan alami yang melakukan pekerjaan efektif dalam memperlambat perkembangan sel kanker. Pada dasarnya, buah tomat yang diolah mampu menciptakan Likopen yang lebih banyak ketimbang tomat yang dikonsumsi segar.


5. Membantu memperkuat Tulang


Buah Tomat mengandung sejumlah Kalsium dan Vitamin K yang berfungsi untuk memperkuat dan melaksanakan perbaikan massa dan jaringan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau mengeroposnya tulang.


6. Menjaga Kesehatan Kulit


Likopen yang terkandung dalam buah tomat ialah senyawa flora yang sangat bermanfaat untuk menghalangi kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari dan sinar ultraviolet. Selain Likopen, Vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menghalangi kulit keriput dan kulit kendur.


7. Mencegah Depresi


Depresi yaitu gangguan kesehatan mental yang menghipnotis pola pikir, perasaan dan suasana hati. Orang yang mengalami stress akan selalu merasa murung, putus cita-cita dan tidak termotivasi dalam beraktivitas. Buah Tomat mengandung Asam Folat yang mampu menghalangi keunggulan Homosistein terbentuk pada badan kita. Kelebihan homosistein ini akan menghalangi darah dan nutrisi lainnya meraih ke otak. Kelebihan Homosistein juga mampu menganggu pembentukan hormon senang mirip hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengendalikan situasi hati, tidur dan nafsu makan.


Sumber tumpuan : Kandungan Gizi Buah Tomat per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat Tomat bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon