10 Merek yang paling berharga di Dunia – Berdasarkan definisi yang dikutip dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Merek adalah sebuah tanda yang berbentukgambar, nama, kata, karakter-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari komponen-komponen tersebut yang mempunyai daya pembeda dan digunakan dalam aktivitas jual beli barang dan jasa. Selain sebagai pembeda barang dan jasa, merek bahwasanya juga dipakai sebagai alat promosi dan jaminan kualitas suatu produk dan jasa.
Di Dunia ini, terdapat puluhan bahkan ratusan juta merek untuk berbagai barang maupun jasa. Merek-merek tersebut ada yang hanya dikenal di wilayahnya, ada juga yang hanya dikenal di negaranya. Namun ada juga merek-merek yang populer sampai ke seluruh pelosok dunia dan memiliki nilai yang sangat tinggi.
Di Indonesia, mungkin kita tidak aneh lagi dengan merek-merek Internasional seperti Apple, Google, Microsoft, Coca Cola, Mc Donald, KFC, Samsung, Sony, Toyota, Honda, Facebook dan masih banyak lagi. Tapi tahukah anda, merek mana yang paling mahal?
Berdasarkan data yang dipublikasi oleh Majalah Forbes, Merek yang paling berguna yakni Apple dengan nilai mereknya sekitar USD. 182,8 milliar. Merek yang terkenal alasannya adalah Gadget iPhone, iPad dan Mac Book ini dipimpin oleh Timothy Cook selaku CEO dengan jumlah karyawan sebanyak 123.000 jiwa. Posisi 2 sebagai Merek yang paling berguna ditempati oleh Raksasa Internet yakni Google. Mesin pencari Google masih merupakan Mesin Pencari Internet tercanggih dan terpopuler sampai saat ini. Nilai Merek Google ini berguna USD. 132,1 milliar. Berada di posisi ketiga adalah Microsoft yang terkenal dengan Sistem Operasi Komputer Windows serta aplikasi acara Office-nya. Saat ini, Microsoft juga aktif mengembangkan perangkat keras komputer seperti Surface Laptop dan Surface Pro. Perusahaan yang diresmikan oleh Bill Gates ini bernilai USD. 104,9 milliar.
Diantara 10 Merek yang paling berguna ini, 8 merek diantaranya yakni Merek yang berasal dari negara Amerika Serikat.
Baca juga : 10 Orang Terkaya di Dunia.
Daftar 10 Merek yang Paling Berharga
Berikut ini ialah 10 Merek yang Paling Berharga di Dunia beserta pemimpin perusahaan dan jumlah karyawannya.
1. Apple
Nilai Merek : US$ 182,8 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 926,9 milliar
Penjualan : US$ 247,5 milliar
CEO : Tim Cook
Jumlah Karyawan : 123.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1976
Pendiri : Steve Jobs Steve Wozniak Ronald Wayne
Industri : Teknologi (Hardware Computer)
Kantor Pusat : Cupertino, Kalifornia
Negara : Amerika Serikat
2. Google
Nilai Merek : US$ 132,1 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 367,6 milliar
Penjualan : 66 milliar
CEO : Sundar Pichai
Jumlah Karyawan : 53.600 jiwa
Tahun Berdiri : 1998
Pendiri : Larry Page dan Sergey Brin
Industri : Teknologi (Internet, layanan Komputer)
Kantor Pusat : Mountain View, Kalifornia
Negara : Amerika Serikat
3. Microsoft
Nilai Merek : US$104,9 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 750,6 milliar
Penjualan : US$ 103,3 milliar
CEO : Satya Nadella
Jumlah Karyawan : 124.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1975
Pendiri : Bill Gates dan Paul Allen
Industri : Teknologi (Software & Hardware)
Kantor Pusat : Redmond, Washington
Negara : Amerika Serikat
4. Facebook
Nilai Merek : US$ 94,8 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 541,5 milliar
Penjualan : 44,6 milliar
CEO : Mark Zuckerberg
Jumlah Karyawan : 25.105 jiwa
Tahun Berdiri : 2004
Pendiri : Mark Zuckerberg, E. Saverin, A. McCollum, D. Moskovitz dan C. Hughes
Industri : Teknologi (Layanan Komputer)
Kantor Pusat : Fairfield, Connecticut
Negara : Amerika Serikat
5. Amazon
Nilai Merek : US$ 70,9 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 777,8 milliar
Penjualan : US$ 193,2 milliar
CEO : Jeffrey Bezos
Jumlah Karyawan : 566.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1994
Pendiri : Jeffrey Bezos
Industri : Internet & Catalog Retail
Kantor Pusat : Seattle, Washington
Negara : Amerika Serikat
6. Coca Cola
Nilai Merek : US$ 57,3 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 179,3 milliar
Penjualan : US$ 33,7 milliar
CEO : James Quincey
Jumlah Karyawan : 61.800 jiwa
Tahun Berdiri : 1892
Pendiri : Asa Griggs Candler dan John Pemberton
Industri : Minuman
Kantor Pusat : Atlanta, Georgia
Negara : Amerika Serikat
7. Samsung
Nilai Merek : US$ 47,6 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 325,9 milliar
Penjualan : US$ 224,6 milliar
CEO : Hyun-Suk Kim
Jumlah Karyawan : 320.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1969
Pendiri : Lee Byung-chul
Industri : Konglomerat
Kantor Pusat : Suwon
Negara : Korea Selatan
8. Disney
Nilai Merek : US$ 47,5 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 152,1 milliar
Penjualan : US$ 56,8 milliar
CEO : Robert Iger
Jumlah Karyawan : 199.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1923
Pendiri : Walt Disney, Roy O. Disney
Industri : Media dan Hiburan
Kantor Pusat : Burbank, California
Negara : Amerika Serikat
9. Toyota
Nilai Merek : US$ 44,7 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 200,7 milliar
Penjualan : US$ 265,2 milliar
CEO : Takeshi Uchiyamada
Jumlah Karyawan : 136.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1937
Pendiri : Kiichiro Toyoda
Industri : Otomotif
Kantor Pusat : Toyota, Aichi
Negara : Jepang
10. AT&T
Nilai Merek : US$ 41,9 milliar
Kapitalisasi Pasar : US$ 198,3 milliar
Penjualan : US$ 159,2 milliar
CEO : Randall Stephenson
Jumlah Karyawan : 252.000 jiwa
Tahun Berdiri : 1983
Industri : Telekomunikasi
Kantor Pusat : Dallas, Texas
Negara : Amerika Serikat
Sumber : Forbes, The World’s Most Valuable Brands 2018.
Sumber uy.com
EmoticonEmoticon