Sabtu, 29 Agustus 2020

10 Merek Yang Paling Berharga Di Dunia

10 Merek yang paling berharga di Dunia – Berdasarkan definisi yang dikutip dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Merek adalah sebuah tanda yang berbentukgambar, nama, kata, karakter-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari komponen-komponen tersebut yang mempunyai daya pembeda dan digunakan dalam aktivitas jual beli barang dan jasa. Selain sebagai pembeda barang dan jasa, merek bahwasanya juga dipakai sebagai alat promosi dan jaminan kualitas suatu produk dan jasa.


Di Dunia ini, terdapat puluhan bahkan ratusan juta merek untuk berbagai barang maupun jasa. Merek-merek tersebut ada yang hanya dikenal di wilayahnya, ada juga yang hanya dikenal di negaranya. Namun ada juga merek-merek yang populer sampai ke seluruh pelosok dunia dan memiliki nilai yang sangat tinggi.


Di Indonesia, mungkin kita tidak aneh lagi dengan merek-merek Internasional seperti Apple, Google, Microsoft, Coca Cola, Mc Donald, KFC, Samsung, Sony, Toyota, Honda, Facebook dan masih banyak lagi. Tapi tahukah anda, merek mana yang paling mahal?


Berdasarkan data yang dipublikasi oleh Majalah Forbes, Merek yang paling berguna yakni Apple dengan nilai mereknya sekitar USD. 182,8 milliar. Merek yang terkenal alasannya adalah Gadget iPhone, iPad dan Mac Book ini dipimpin oleh Timothy Cook selaku CEO dengan jumlah karyawan sebanyak 123.000 jiwa. Posisi 2 sebagai Merek yang paling berguna ditempati oleh Raksasa Internet yakni Google. Mesin pencari Google masih merupakan Mesin Pencari Internet tercanggih dan terpopuler sampai saat ini. Nilai Merek Google ini berguna USD. 132,1 milliar. Berada di posisi ketiga adalah Microsoft yang terkenal dengan Sistem Operasi Komputer Windows serta aplikasi acara Office-nya. Saat ini, Microsoft juga aktif mengembangkan perangkat keras komputer seperti Surface Laptop dan Surface Pro. Perusahaan yang diresmikan oleh Bill Gates ini bernilai USD. 104,9 milliar.


Diantara 10 Merek yang paling berguna ini, 8 merek diantaranya yakni Merek yang berasal dari negara Amerika Serikat.

Baca juga : 10 Orang Terkaya di Dunia.


10 Merek yang paling berharga di Dunia (Merek Termahal di dunia)


Daftar 10 Merek yang Paling Berharga


Berikut ini ialah 10 Merek yang Paling Berharga di Dunia beserta pemimpin perusahaan dan jumlah karyawannya.


1. Apple


Nilai Merek : US$ 182,8 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 926,9 milliar

Penjualan : US$ 247,5 milliar

CEO : Tim Cook

Jumlah Karyawan : 123.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1976

Pendiri : Steve Jobs Steve Wozniak Ronald Wayne

Industri : Teknologi (Hardware Computer)

Kantor Pusat : Cupertino, Kalifornia

Negara : Amerika Serikat


2. Google


Nilai Merek : US$ 132,1 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 367,6 milliar

Penjualan : 66 milliar

CEO : Sundar Pichai

Jumlah Karyawan : 53.600 jiwa

Tahun Berdiri : 1998

Pendiri : Larry Page dan Sergey Brin

Industri : Teknologi (Internet, layanan Komputer)

Kantor Pusat : Mountain View, Kalifornia

Negara : Amerika Serikat


3. Microsoft


Nilai Merek : US$104,9 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 750,6 milliar

Penjualan : US$ 103,3 milliar

CEO : Satya Nadella

Jumlah Karyawan : 124.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1975

Pendiri : Bill Gates dan Paul Allen

Industri : Teknologi (Software & Hardware)

Kantor Pusat : Redmond, Washington

Negara : Amerika Serikat


4. Facebook


Nilai Merek : US$ 94,8 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 541,5 milliar

Penjualan : 44,6 milliar

CEO : Mark Zuckerberg

Jumlah Karyawan : 25.105 jiwa

Tahun Berdiri : 2004

Pendiri : Mark Zuckerberg, E. Saverin, A. McCollum, D. Moskovitz dan C. Hughes

Industri : Teknologi (Layanan Komputer)

Kantor Pusat : Fairfield, Connecticut

Negara : Amerika Serikat


5. Amazon


Nilai Merek : US$ 70,9 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 777,8 milliar

Penjualan : US$ 193,2 milliar

CEO : Jeffrey Bezos

Jumlah Karyawan : 566.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1994

Pendiri : Jeffrey Bezos

Industri : Internet & Catalog Retail

Kantor Pusat : Seattle, Washington

Negara : Amerika Serikat


6. Coca Cola


Nilai Merek : US$ 57,3 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 179,3 milliar

Penjualan : US$ 33,7 milliar

CEO : James Quincey

Jumlah Karyawan : 61.800 jiwa

Tahun Berdiri : 1892

Pendiri : Asa Griggs Candler dan John Pemberton

Industri : Minuman

Kantor Pusat : Atlanta, Georgia

Negara : Amerika Serikat


7. Samsung


Nilai Merek : US$ 47,6 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 325,9 milliar

Penjualan : US$ 224,6 milliar

CEO : Hyun-Suk Kim

Jumlah Karyawan : 320.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1969

Pendiri : Lee Byung-chul

Industri : Konglomerat

Kantor Pusat : Suwon

Negara : Korea Selatan


8. Disney


Nilai Merek : US$ 47,5 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 152,1 milliar

Penjualan : US$ 56,8 milliar

CEO : Robert Iger

Jumlah Karyawan : 199.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1923

Pendiri : Walt Disney, Roy O. Disney

Industri : Media dan Hiburan

Kantor Pusat : Burbank, California

Negara : Amerika Serikat


9. Toyota


Nilai Merek : US$ 44,7 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 200,7 milliar

Penjualan : US$ 265,2 milliar

CEO : Takeshi Uchiyamada

Jumlah Karyawan : 136.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1937

Pendiri : Kiichiro Toyoda

Industri : Otomotif

Kantor Pusat : Toyota, Aichi

Negara : Jepang


10. AT&T


Nilai Merek : US$ 41,9 milliar

Kapitalisasi Pasar : US$ 198,3 milliar

Penjualan : US$ 159,2 milliar

CEO : Randall Stephenson

Jumlah Karyawan : 252.000 jiwa

Tahun Berdiri : 1983

Industri : Telekomunikasi

Kantor Pusat : Dallas, Texas

Negara : Amerika Serikat


Sumber : Forbes, The World’s Most Valuable Brands 2018.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon