Jumat, 28 Agustus 2020

Profil Negara Palau

Profil Negara Palau – Palau yakni suatu negara kepulauan yang terletak di bagian barat samudera pasifik, sebuah daerah yang biasanya digolongkan sebagai tempat benua Oseania. Negara yang mempunyai sekitar 340 pulau ini berbatasan bahari dengan Indonesia, Filipina dan Federasi Mikronesia. Pulau-pulau yang paling padat orangnya adalah pulau Angaur, Babeldaob, Koror dan Peleliu. Sekitar dua pertiga orangnya tinggal di pulau Koror. Ibukota Palau, yakni kota Ngerulmud terletak di pulau Babeldaob.


Pada Perang Dunia II, Amerika Serikat merebut kepulauan Palau dari Jepang pada tahun 1944 sehabis terjadi perang Peleliu yang menewaskan puluhan ribu orang (sekitar 2.000 orang Amerika Serikat dan 10.000 orang Jepang). Pada tahun 1945-1946, Amerika Serikat kembali mengambil kendali kepada Filipina dan mengorganisir kepulauan Palau melalui Ibukotanya Filipina yakni kota Manila. Setelah Filipina menerima kemerdekaan pada 4 Juli 1946, pengendalian Palau ini kemudian dipindahkan ke Guam. Palau mendapatkan kemerdekaan pada 1 Oktober 1994 sesudah tiga dekade berada dibawah Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik PBB yang diperintah Amerika Serikat. Tanggal 1 Oktober 1994 lalu diperingati selaku hari Kemerdekaan Palau.


Luas daerah Palau adalah sebesar 459 km2 dengan jumlah masyarakatsebanyak 21,431 jiwa (perhitungan Juli 2017). Jumlah penduduk ini membuatnya sebagai Negara yang mempunyai masyarakatpaling sedikit di dunia. Mayoritas penduduk Palau yaitu etnis Palau (etnis mikronesia dari gabungan Melayu dan Melanesia). Sebagian besar masyarakatPalau menganut agama Katolik Roma (45,3%) dan Protestan (34,9%). Terdapat dua bahasa resmi di Palau ialah bahasa Palau dan bahasa Inggris.


Sistem pemerintahan yang dianut oleh Palau ialah metode pemerintahan Republik Presidensial dalam perkumpulan bebas dengan Amerika Serikat. Presiden Palau yang berfungsi selaku kepala Negara dan kepala pemerintah ini diseleksi secara langsung oleh rakyatnya untuk kurun jabatan 5 tahun. Palau tidak memiliki militer yang independen dan sangat tergantung pada militer Amerika Serikat dalam hal pertahanan. Dalam perjanjiannya dengan Amerika Serikat, militer Amerika Serikat diberikan kebebasan jalan masuk ke pulau-pulau milik Republik Palau selama 50 tahun.

Baca juga : Profil Negara Amerika Serikat.


Di bidang perekonomian, Republik Palau sungguh tergantung pada pariwisata, pertanian dan perikanan. Pemerintah ialah pemberi pekerjaan utama utamanya pada angkatan kerja yang mengandalkan tunjangan keuangan dari Amerika Serikat dibawah kerjasama Compact of Free Association (Compact). Amerika Serikat menawarkan pemberian dana sebesar US$700 juta untuk 15 tahun pertama sehabis dimulainya kerjasama Compact of Free Association (Compact) pada 1 Oktober 1994 dengan imbalan susukan tidak terbatas ke kawasan dan kanal air untuk tujuan strategis. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Palau adalah sebesar US$291 juta pada tahun 2017 dengan pemasukan perkapita sebesar US$16.200,-.


Di relasi luar negeri, Republik Palau bergabung dengan PBB pada 15 Desember 1994, Palau juga merupakan Negara anggota lembaga-forum Internasional yang berada PBB mirip WHO, FAO, ICAO, ILO, IMO, UNAMID, UNCTAD dan UNESCO. Selain itu, Palau juga merupakan Negara anggota AOSIS (Alliance of Small Island States), OPCW (Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons) dan ACP (African, Caribbean and Pacific Group of States).


Profil Negara Palau


Profil Negara Palau


Berikut ini adalah profil Negara Palau.



  • Nama Lengkap : Republik Palau (Republic of Palau)

  • Nama Lokal : Beluu er a Belau

  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil dalam Asosiasi bebas Amerika Serikat

  • Kepala Negara : President Tommy REMENGESAU (semenjak 17 Januari 2013)

  • Kepala Pemerintahan : President Tommy REMENGESAU (semenjak 17 Januari 2013)

  • Ibukota : Ngerulmud

  • Luas Wilayah : 459 km2

  • Jumlah Penduduk : 21,431 jiwa (2017)

  • Pertumbuhan Penduduk : 0,39% (2017)

  • Suku Bangsa : Etnis Palau (etnis mikronesia dari adonan Melayu dan Melanesia) 73%, Carolinian 2%, Asia 21,7%, Kaukasoid 1,2%, etnis yang lain 2,1%

  • Agama : Kristen Roma 45,3%, Protestan 34,9%, Modekngei 5.7%, Islam 3%, Mormon 1,5%  dan agama yang lain 9,7% (estimasi  2015)

  • Bahasa Resmi : Bahasa Palau, Bahasa Inggris

  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)

  • Hari Kemerdekaan : 1 October 1994 (dari Amerika Serikat, Perwalian PBB)

  • Hari Nasional : 9 Juli 1981 (Hari Konstitusi)

  • Lagu Kebangsaan : “Belau rekid” (Our Palau)

  •  Kode Domain Internet : .pw

  • Kode Telepon : 680

  • Pendapatan Domestik Bruto : US$291 juta (2017)

  • Pendapatan Per Kapita : US$16.200,- (2017)

  • Lokasi : Benua Oseania (Samudera Pasifik)


Lambang Negara dan Bendera Negara Republik Palau


Lambang dan Bendera Republik Palau


 


Pembagian Wilayah Administrasi Republik Palau


Secara Administratif, Republik Palau terbagi atas 16 Negara Bagian yang disebut dengan State. Berikut ini adalh 16 State di Republik Palau.









































































No.State
1Aimeliik
2Airai
3Angaur
4Hatohobei
5Kayangel
6Koror
7Melekeok
8Ngaraard
9Ngarchelong
10Ngardmau
11Ngaremlengui
12Ngatpang
13Ngchesar
14Ngiwal
15Peleliu
16Sonsorol

 


Sumber referensi : Data-data Profil Negara Palau ini dikutip dari World Factbook.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon