Selasa, 01 September 2020

Profil Negara Amerika Serikat (United States Of Amerika)

Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) – Amerika Serikat yakni suatu negara Republik Konstitusional Federal yang terletak di Benua Amerika Utara. Negara yang lazimnya disebut dengan United Stated of Amerika atau USA dalam bahasa Inggris ini memiliki luas kawasan sebesar 9.833.517 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 326.625.791 jiwa (2017). Luas Wilayah yang besar dan Jumlah masyarakatyang banyak tersebut mengakibatkan Amerika Serikat selaku negara paling besar ketiga di dunia dan negara dengan jumlah masyarakatterbanyak ketiga di dunia.


Secara Geografis, Amerika Serikat berbatasan darat dengan Kanada di sebelah utaranya dan Meksiko di sebelah selatannya. Sedangkan di sebelah Timur yaitu Samudera Atlantik dan sebelah baratnya ialah Samudera Pasifik. Terdapat dua negara bagian yang letaknya terpisah dengan daratan Amerika Serikat yaitu negara bagian Alaska yang terletak di sebelah ujung maritim benua Amerika Utara dan berada sungguh erat dengan bab barat Rusia. Jarak Alaska dan Rusia yang terdekat adalah 82 km dan dipisahkan oleh selat Bering. Sedangkan negara bagian Hawaii berada di Samudera Pasifik. Ibukota Amerika Serikat adalah Washington, DC.


Sistem Pemerintahan Amerika Serikat adalah Republik Konstitusional Federal ialah tata cara pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya yaitu seorang Presiden yang dipilih setiap 4 tahun sekali dan dapat dipilih kembali dengan maksimal 2 kali kala. Presiden juga ialah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Nasional Amerika Serikat. Sejak mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 Juli 1776 sampai dikala ini, Amerika Serikat telah dipimpin oleh 45 Presiden. Daftar nama 45 Presiden yang pernah memimpin Amerika Serikat ini dapat dibaca di artikel : Daftar Nama Presiden Amerika Serikat.


Sedangkan sebagai negara yang berupa Federal, Amerika Serikat mempunyai 50 Negara Bagian dan 1 daerah Distrik. Setiap Negara Bagian dipimpin oleh Gubernur yang menjabat selaku Kepala Negara Bagian dan Kepala Pemerintahan Negara Bagian.

Baca juga : Negara-negara Bagian di Amerika Serikat.


50 Negara Bagian Amerika Serikat


Amerika Serikat termasuk selaku negara dengan perekonomian termaju di dunia, beberapa merek-merek terkenal di dunia teknologi berasal dari negara yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar US$ 19,39 triliun ini. Merek-merek tersebut diantaranya mirip Microsoft, Apple, Google, Amazon, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi. Selain terdepan di produk-produk teknologi, telekomunikasi dan produk-produk elektro, Amerika Serikat juga ialah produsen pesawat terbang, minyak dan gas serta produk-produk agrikultur seperti kacang kedelai, jagung, buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, produk susu dan daging. Pendapatan perkapita Amerika Serikat menurut Paritas Daya Beli (PPP) ialah sebesar US$ 59.500,- dan menduduki urutan ke-12 tertinggi di dunia.


Di bidang Kemiliteran, Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara pemenang perang  dunia kedua ini menjadi negara pertama yang mengembangkan senjata nuklir dan juga selaku salah satu dari 5 negara yang diperbolehkan memiliki senjata nuklir saat ini. Pengeluaran Militer Amerika Serikat ialah yang terbesar di dunia ini, ialah sebesar US$ 596,02 miliar pada tahun 2015.


Setelah selesainya Perang Dunia kedua, Amerika Serikat dan Uni Soviet yang kedua-duanya ialah negara adidaya pemenang perang dunia kedua ini saling berebut kekuasaan dan dampak di dunia yang pada ketika itu dikenal dengan istilah Perang Dingin. Seiring dengan runtuhnya Uni Soviet dan akhirnya perang cuek pada tahun 1990-an, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara Adidaya di Dunia.


Di Hubungan Luar Negeri, Amerika Serikat ialah anggota PBB yang menjabat selaku Dewan Keamanan PBB dan memiliki Hak Veto, adalah Hak untuk membatalkan keputusan, ketetapan, rancangan peraturan dan undang-undang atau resolusi di PBB. Amerika Serikat juga merupakan anggota dari forum-lembaga lainnya yang dibawah PBB serta anggota dari NATO, APEC, G7, G8, G20 dan OECD.


Profil Negara Amerika Serikat (United States of America)


Berikut ini yaitu profil negara Amerika Serikat (United States of America) :



  • Nama Lengkap : Amerika Serikat (United States of America)

  • Bentuk Pemerintahan : Republik Konstitusional Federal

  • Kepala Negara : Presiden Donald J. TRUMP (semenjak 20 Januari 2017)

  • Kepala Pemerintahan : Presiden Donald J. TRUMP (semenjak 20 Januari 2017)

  • Ibukota : Washington, DC

  • Luas Wilayah : 9.833.517 km2

  • Pembagian Wilayah Administrasi : 50 Negara Bagian dan 1 Wilayah Distrik

  • Jumlah Penduduk : 326.625.791 jiwa (2017)

  • Pertumbuhan Penduduk : 0.81% (2017)

  • Angka Kelahiran : 12,5 bayi per 1000 penduduk (2017)

  • Suku Bangsa/Etnis : Putih 72,4%, Hitam 12,6%, Asia 4,8%, Indian Amerika dan Alaska 0,9%, Hawai orisinil dan etnis kepulauan pasific 0,2%, Etnis lainnya 6,2% (perhitungan 2010).

  • Bahasa Resmi : Inggris (pada dasarnya, tidak ada bahasa resmi di Amerika Serikat namun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi oleh 31 negara bagian, bahasa Hawaii ialah bahasa resmi di negara bab Hawaii

  • Agama : Katolik Protestan 46,5%, Katolik Roma 20,8%, Mormon 1,6%, Yahudi 1,9%, Islam 0,9%, Buddha 0,7%, Hindu 0,7% dan agama-agama lainnya (estimasi 2014)

  • Mata Uang : Dolar Amerika Serikat (USD)

  • Hari Nasional : 4 Juli 1776 (Hari Kemerdekaan)

  • Lagu Kebangsaan : “The Star-Spangled Banner”

  • Kode Domain Internet : .us

  • Kode Telepon : 1

  • Pendapatan Per Kapita : US$ 59.500,- (2017)

  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 19,39 triliun (2017)

  • Lokasi : Benua Amerika Utara


Lambang Negara dan Bendera Negara Amerika Serikat


Lambang Negara Amerika Serikat dan Bendera Amerika Serikat


Sumber acuan : Data-data Profil Negara Amerika Serikat dikutip dari World Factbook.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon