Senin, 02 November 2020

Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) Dan Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) dan Manfaat Stroberi bagi Kesehatan –  Stroberi (Strawberry) atau dalam bahasa Indonesia diketahui juga dengan sebutan Arbei yaitu buah yang berwarna kehijauan sangat berkembang dan bermetamorfosis warna merah sehabis matang. Buah yang aslinya berasal dari benua Eropa pada abab ke-18 ini sudah banyak dibudidayakan di dunia khususnya negara-negara di bagian utara bumi ini mirip negara-negara di Amerika Utara, Eropa, Asia Timur dan Rusia.


Buah Stroberi atau lebih tepatnya disebut dengan Buah Stroberi Kebun (Garden Strawberry) umumnya disantap segar atau diolah menjadi Jus Stroberi, Selai dan penyedap masakan. Nama ilmiah Stroberi ialah Fragaria ananassa.

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaatnya bagi Kesehatan.


Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry)


Buah Stroberi (Strawberry) mengandung berbagai antioksidan, senyawa tumbuhan, mangan dan vitamin C yang sungguh bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.


Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi buah stroberi pada setiap 100 gram-nya.












































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori32 kcal
Karbohidrat7,7g
Air91%
Protein0,7g
Gula4,9g
Serat2g
Lemak0,3g
Vitamin A1µg0%
Vitamin C58,8mg65%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,29mg2%
Vitamin K2,2µg2%
Vitamin B1 (Thiamine)0,02mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,39mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,13mg2%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,05mg4%
Vitamin B9 (Folat)24µg6%
Vitamin B120µg
Kalsium16mg2%
Zat Besi0,41mg5%
Magnesium13mg3%
Fosfor24mg3%
Potassium (Kalium)153mg3%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,14mg1%

 


Manfaat Buah Stroberi (Strawberry) bagi Kesehatan


Berikut ini yakni beberapa manfaat buah Stroberi bagi kesehatan kita.


1. Menjaga kesehatan Mata


Beberapa penyebab terjadinya penyakit mata diantaranya adalah kurangnya nutrisi/gizi tertentu, radikal bebas dan bertambahnya usia. Antioksidan seperti Flavonoid, Fitokimia Fenolik dan Asam Elegat yang terdapat pada buah stroberi dapat membantu menghalangi penyakit mata yang diakibatkan oleh radikal bebas tersebut. Satu lagi fungsi buah stroberi pada kesehatan mata ini ialah memperbaiki tekanan okular (ocular pressure) pada mata. Potassium atau Kalium yang terkandung oleh buah stroberi dapat menolong menjaga tekanan okular tersebut dengan benar.


2. Mencegah Penyakit Kanker


Radikal bebas merupakan sumber dari penyakit kanker. Buah Stroberi mengandung berbagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat menangkal terbentuk sel kanker dan pertumbuhan tumor. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi tersebut diantaranya mirip Vitamin C, Folat, Antosianin, Kuersetin dan Kaempferol.


3. Menjaga kesehatan Jantung


Kandungan serat yang tinggi, Folat, tidak berlemak dan memiliki tingkat antioksidan yang tinggi mengakibatkan buah stroberi sebagai buah yang ideal bagi kesehatan jantung. Kombinasi Vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa tanaman ini dapat meminimalisir kadar kolesterol dalam arteri dan pembuluh darah sehingga Jantung mampu bekerja dengan wajar . Kandungan beberapa macam Vitamin B di buah stroberi juga mampu memperkuat otot jantung dan menjaga kesehatan fungsi jantung.


4. Mencegah Arthritis (Radang Sendi) dan Asam Urat


Degenarasi otot dan jaringan, pengeringan cairan sendi, akumulasi racun dan radikal bebas merupakan penyebab utama Arthritis (radang sendi) dan asam urat. Stroberi mengandung antioksidan dan detoksifikasi dapat secara efektif menolong menyingkir dari masalah kesehatan tersebut. Stroberi juga mengandung anti-inflamasi (anti peradangan) yang besar lengan berkuasa untuk meredakan peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi dan asam urat. Sebagai isu pelengkap, yang dimaksud dengan Arthritis ialah pembengkakan dan kekakuan pada sendi yang menimbulkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan.


5. Memperkuat Fungsi Otak


Mulai menghilangnya kenangan dan pengendalian atas acara badan ialah dilema yang sering dihadapi oleh mereka yang sudah menginjak usia tertentu. Hal ini dapat dikarenakan penuaan alami atau penuaan dini pada otak dan metode sarafnya. Pada dasarnya, penyebab utama penuaan adalah dikarenakan oleh radikal bebas yang merusak jaringan otak dan saraf sehingga menjadi merosot dam melemah. Untungnya, Stroberi yang mengandung Vitamin C dan Fitokimia dapat menetralkan imbas oksidan dan meremajakan sistem ini.


Stroberi juga mengandung Yodium (iodine) yang dapat membantu mengendalikan berfungsinya Otak dan metode saraf dengan baik. Kandungan Kalium (Potassium) dalam jumlah signifikan yang ditemukan di buah stroberi juga dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa siswa-siswa yang mempunyai tingkat potasium (kalium) tinggi akan mempunyai konsentrasi dan daya ingat yang kuat juga. Oleh sebab itu, Stroberi juga sering dianggap sebagai “kuliner untuk otak”.


6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Sistem Kekebalan Tubuh yakni pertahanan pertama badan kita dalam melawan aneka macam macam abses, mikroba dan virus yang menyerang tubuh kita. Vitamin C yang telah dikenal luas sebagai Vitamin untuk memperkuat tata cara kekebalan tubuh kita dan mengobati pilek dan batuk ringan. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang ialah garis pertama pertahanan badan kita melawan racun dan benda-benda ajaib.  Vitamin C juga ialah antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.


7. Mengurangi Peradangan


Buah Stroberi (Strawberry) mengandung antioksidan yang mampu membantu meminimalkan peradangan.


Sumber acuan : Kandungan Gizi Buah Stroberi (Strawberry) per 100g ini dikutip dari Authority Nutrition sedangkan manfaat buah stroberi bagi kesehatan diolah dari banyak sekali sumber.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon