Selasa, 03 November 2020

Kandungan Gizi Wortel Dan Faedah Wortel Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Wortel dan Manfaat Wortel bagi Kesehatan – Wortel yaitu jenis sayuran akar yang sering disebut selaku masakan sehat alasannya mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang tinggi. Sayuran akar yang dalam bahasa ilmiahnya dinamakan dengan Daucus carota ini mengandung Beta Karoten, Serat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K dan Kalium yang tinggi sehingga memperlihatkan banyak manfaat kesehatan bagi orang yang menkonsumsinya.


Beberapa faedah kesehatan yang sering dikaitkan dengan konsumsi Wortel yaitu mempertahankan kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, menanggulangi sembelit dan menurunkan risiko penyakit kanker.


Wortel dapat disantap dengan aneka macam cara, kita mampu memakannya eksklusif tanpa diolah lebih lanjut (dikonsumsi segar) ataupun dibuat menjadi jus wortel serta dimasak untuk dijadikan menu yang lezat dan bergizi. Pada umumnya, bagian Wortel yang disantap yaitu bab umbinya saja (bab akarnya). Meskipun sebagian besar Wortel yang kita dapatkan di pasaran adalah berwarna jingga (oren), tetapi bantu-membantu Wortel yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Carrot ini memiliki warna lain seperti warna kuning, ungu, putih dan merah.


Kandungan Gizi Wortel (Carrot)


Wortel mengandung aneka macam Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa flora yang sungguh berfaedah bagi kesehatan tubuh insan. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan badan insan yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.


Berikut dibawah ini yakni tabel kandungan gizi wortel pada setiap 100 gram-nya.
































































































































































Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori41kal
Karbohidrat9,6g
Air88%
Protein0,9g
Gula4,7g
Serat2,8g
Lemak0,2g
Vitamin A835µg93%
Vitamin C5,9mg7%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,66mg4%
Vitamin K13,2µg11%
Vitamin B1 (Thiamine)0,07mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,06mg4%
Vitamin B3 (Niacin)0,98mg6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,27mg5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,14mg11%
Vitamin B9 (Folat)19µg5%
Vitamin B120µg
Cholin8,8mg2%
Kalsium33mg3%
Zat Besi0,3mg4%
Magnesium12mg3%
Fosfor35mg5%
Potassium (Kalium)320mg7%
Sodium69mg5%
Seng (Zinc)0,24mg2%
Tembaga (Copper)0,05mg5%
Manganese0,14mg6%
Selenium0,1µg0%

 


Manfaat Wortel bagi Kesehatan


Kandungan-kandungan Nutrisi atau Gizi dalam Wortel membuatnya sebagai kuliner yang sangat bermanfaat bagi kesehatan insan. Dibawah ini ialah beberapa manfaat Wortel bagi kesehatan tubuh kita.


1. Menjaga Kesehatan Mata


Manfaat Wortel bagi kesehatan yang paling sering kita dengar mungkin yaitu faedah wortel untuk mempertahankan kesehatan mata kita. Hal ini sungguh beralasan alasannya adalah Wortel mengandung sekitar 835µg Vitamin A pada setial 100gram-nya. Kandungan Vitamin A tersebut merupakan 93% dari keperluan harian kita terhadap Vitamin A. Seperti yang kita pahami, Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan alat indera penglihatan kita ini. Selain Vitamin A, Wortel juga mengandung Lutein dan Beta-Karoten yang berguna bagi kesehatan mata kita.


2. Menurunkan Risiko Kanker


Sejumlah penelitian menandakan bahwa nutrisi atau gizi yang terkandung pada Wortel terutama Karoten dapat menurunkan risiko terkenanya kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kolon dan kanker payudara.


3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Sebuah observasi pertanda bahwa Karotenoid mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Karotenoid yakni kalangan senyawa kimia organik bernutrisi yang terdapat pada pigmen alami flora dan binatang. Kandungan Beta-Karoten, Alpha-Karoten dan Lutein yang terdapat pada Wortel yang merupakan anggota dari Keluarga Karatenoid.


4. Menurunkan Kadar Kolesterol


Kolesterol yang ialah salah satu penyebab penyakit jantung juga mampu diturunkan dengan memakan wortel secara terencana. Serat larut atau Soluble Fiber pada Wortel mampu mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu sehingga tidak diserap dalam usus halus namun membuangnya melalui usus besar. Untuk menggantikan asam empedu yang hilang, hati akan menarik kolesterol dari darah. Dengan demikian, kadar kolesterol dalam darah akan menurun.


5. Menjaga Kesehatah Kulit


Vitamin A yang terkandung dalam Wortel mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan menghalangi kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi serta warna kulit yang tidak rata. Selain pada kulit, Kekurangan Vitamin A akan menjadikan kekeringan pada rambut dan kuku.


6. Memperlambat Penuaan


Tingginya Beta-karoten pada Wortel berperan selaku antioksidan yang mampu melindungi sel badan dari kerusakan sehingga membantu memperlambat penuaan.


7. Mengatasi Sembelit


Serat yang terkandung dalam Wortel dapat memajukan feses hingga 25% sehingga mampu menangani masalah sembelit.


Sumber acuan : Kandungan Gizi Wortel per 100 gram ini dikutip dari Authority Nutrition. Sedangkan Manfaat wortel bagi kesehatan dimasak dari berbagai sumber.

Baca juga : Kandungan Gizi Tomat dan Manfaatnya bagi Kesehatan.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon