Senin, 31 Agustus 2020

Profil Negara Liechtenstein

Profil Negara Liechtenstein – Liechtenstein yakni suatu Negara kecil yang terletak di benua Eropa. Negara terkurung daratan ini berada diantara dua Negara yaitu Swiss di sebelah barat dan selatannya serta Austria disebelah timur dan utaranya. Liechtenstein yang cuma mempunyai luas sekitar 160km2 ini membuatnya sebagai salah satu Negara terkecil di dunia ini. Populasi Liechtenstein yang hanya berjumlah sekitar 38.244 jiwa ini juga membuatnya selaku salah satu negara dengan jumlah masyarakatpaling sedikit di dunia ini. Mayoritas penduduk Liechtenstein yaitu etnis Liechtenstein yang beragama Kristen Roma. Bahasa resmi Liechtenstein adalah bahasa Jerman.

Baca juga : 10 Negara Terkecil di Dunia.


Negara Kepangeranan Liechtenstein diresmikan di dalam Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1719. Tanggal 23 Januari 1719 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaan Liechtenstein.  Selama Perang Napoleon, Negara Kepangeranan ini diduduki oleh Perancis. Liechtenstein menjadi Negara yang berdaulat sepenuh pada tahun 1806 tetapi bergabung dengan Konfederasi Jerman pada tahun 1815. Liechtenstein kembali menjadi Negara berdaulat sepenuhnya sesudah Konfederasi Jerman bubar pada tahun 1866.


Sistem Pemerintahan Liechtenstein yaitu Monarki Konstitusional yang kepala negaranya yakni seorang Pangeran (Prince) yaitu Prince  HANS-ADAM II yang naik tahta sejak 13 November 1989 sedangkan Kepala Pemerintahannya yakni Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh Perdana Menteri  Adrian HASLER sejak 27 Maret 2013. Perdana Menteri Liechtenstein lazimnya ialah pemimpin partai paling besar di Parlemen.


Meskipun ialah salah satu negara terkecil di dunia ini, Liechtenstein yang sumber daya alam dan luas daerahnya yang terbatas ini berubah menjadi suatu negara yang makmur dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Ekonomi Liechtenstein secara luas terdiversifikasi dengan sejumlah besar perjuangan kecil dan menengah yang bergerak di sektor jasa. Pajak bisnis yang rendah dan hukum penggabungan perjuangan yang mudah sudah mendorong banyak perusahaan-perusahaan induk untuk mendirikan kantor nominalnya di Liechtenstein. Liechtenstein ialah salah satu negara maju di dunia ini.


Liechtenstein bergabung dalam serikat pabean dengan Swiss dan memakai Franc Swiss sebagai mata uang nasionalnya. Pada Desember 2008, Liechtenstein menandatangani Perjanjian Pertukaran Informasi Pajak dengan Amerika Serikat. Kemudian pada 2015, Liechtenstein dan Uni Eropa baiklah untuk menekan penggelapan dan  penghindaran pajak. Pada tahun 2018 akan mulai secara otomatis bertukar gosip perihal rekening bank dari masing-masing warga. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Liechtenstein yaitu sebesar US$4,978 miliar (data 2014) dengan Pendapatan Perkapita sebesar US$139.100,- (data 2009).


Di relasi mancanegara, Liechtenstein bergabung menjadi anggota PBB pada 18 September 1990. Liechtenstein juga merupakan negara anggota  bebberapa lembaga Internasional yang berada di bawah PBB mirip  IAEA, UNCTAD, UPU, WIP dan WTO.

Baca juga : Negara-negara Anggota PBB.


Profil Negara Liechtenstein


Profil Negara Liechtenstein


Berikut ini ialah Profil Negara Liechtenstein.



  • Nama Lengkap : Kepangeranan Liechtenstein (Principality of Liechtenstein)

  • Nama Lokal : Fuerstentum Liechtenstein

  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional

  • Kepala Negara : Pangeran HANS-ADAM II (semenjak 13 November 1989, menggantikan kekuasaan direktur pada 26 Agustus 1984)

  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Adrian HASLER (semenjak 27 Maret 2013)

  • Ibukota : Vaduz

  • Luas Wilayah : 160 km2

  • Jumlah Penduduk : 38.244jiwa (perhitungan Juli 2017)

  • Pertumbuhan Penduduk : 0,8% (2017)

  • Suku Bangsa : Liechtensteiner 66%, etnis lainnya 34% (perhitungan 2013)

  • Agama : Nasrani Roma (75,9%), Reformasi Protestan (6,5%), Islam (5,4%), Lutheran (1,3%), Agama Lainnya 2,9%, tidak beragama (5,4%) (perhitungan 2010)

  • Bahasa Resmi : Bahasa Jerman

  • Mata Uang : Franc Swiss (CHF)

  • Hari Kemerdekaan : 23 Januari 1719 (Hari terbentuknya Negara Kepangeranan Liechtenstein)

  • Lagu Kebangsaan : “Oben am jungen Rhein” (High Above the Young Rhine)

  • Kode Domain Internet : .li

  • Kode Telepon : 423

  • Pendapatan Domestik Bruto : US$4,978 miliar (data 2014)

  • Pendapatan Per Kapita : US$139.100,- (data 2009)

  • Lokasi : Benua Eropa (Eropa Tengah)


Lambang Negara dan Bendera Negara Liechtenstein


Lambang Negara Liechtenstein dan Bendera Negara Liechtenstein


Pembagian Wilayah Administrasi Liechtenstein


Secara Administratif, Liechtenstein dibagi menjadi 11 Munisipalitas atau Gemeinde. Berikut ini ialah 11 Munisipalitas di Liechtenstein :





















































No.Munisipalitas
1Vaduz
2Schaan
3Balzers
4Triesen
5Eschen
6Mauren
7Triesenberg
8Ruggell
9Gamprin
10Schellenberg
11Planken

Sumber rujukan : Data-data Profil Negara Liechtenstein ialah dikutip dari World Factbook.



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon